PEMANFAATAN BIOPORI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI POKOK BENCANA BANJIR KELAS XI SMA NEGERI 1 MAJENANG KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019/2020


Winda Nurlaila, 3201415064 (2021) PEMANFAATAN BIOPORI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI POKOK BENCANA BANJIR KELAS XI SMA NEGERI 1 MAJENANG KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019/2020. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3201415064 - Winda Nurlaila(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang cenderung monoton dan kurang berpariatif dalam menggunakan media menjadi salah satu permasalahan dalam hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pemahaman siswa yang belajar menggunakan media biopori riil dan dengan siswa yang belajar menggunakan media biopori visual. Sempel penelitian ini yaitu kelas XI IPS 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 3 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian ini yaitu posttest only controll group design. Pengumpulan data dilakukan dengan mengambil nilai posttest dimasing�masing kelas sempel setelah sebelumnya dilaksakan pembelajaran di kelas kontrol menggunakan media biopori visual dan di kelas eksperimen menggunakan media biopori riil. Teknik analisis data menggunakan uji T. berdasarkan hasil perhitungan uji T didapat t-hitung sebesar 18.79 yang berarti terdapat perbedaan pemahaman siswa antara pembelajaran menggunakan media biopori visual dan dengan menggunakan media biopori riil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, media pembelajaran, biopori, hasil belajar, bencana banjir
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:04
Last Modified: 09 Nov 2022 02:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52813

Actions (login required)

View Item View Item