PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, TEKNOLOGI, DAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19 DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Puri Retno Asih, 7101417161 (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, TEKNOLOGI, DAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19 DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, TEKNOLOGI, DAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19 DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING] PDF (PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, TEKNOLOGI, DAN KETERLIBATAN ORANG TUA TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI ERA PANDEMI COVID-19 DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan pembelajaran online di Indonesia yang diakibatkan oleh pademi covid-19 bukanlah hal yang mudah untuk dilaksanakan. Faktor internal dan eksternal dari siswa menjadi hal penting yang berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar, teknologi, dan keterlibatan orang tua terhadap efektivitas pembelajaran akuntansi di era pandemi covid-19 dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lemabaga (AKL) SMK Swadaya Temanggung tahun 2020/2021 yang berjumlah 216 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Sampel yang ditetapkan sebanyak 68 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan kemandirian belajar dan keterlibatan orang tua tidak berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran, sedangkan teknologi dan motivasi belajar berpengaruh terhadap efektivitas pembelajaran. Kemandirian belajar dan teknologi berpengaruh terhadap motivasi belajar, sedangkan keterlibatan orang tua tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar. Motivasi belajar mampu memediasi pengaruh kemandirian belajar dan teknologi terhadap efektivitas pembelajaran, Motivasi belajar tidak mampu memediasi pengaruh keterlibatan orang tua terhadap efektivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dapat memediasi pengaruh kemandirian belajar dan teknologi terhadap efektivitas pembelajaran, namun tidak memediasi untuk keterlibatan orang. Saran dari peneliti siswa perlu mempertahankan motivasi belajar agar kemandirian belajar dapat meningkat dan siswa dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dalam proses pembelajaran sehingga mampu mencapai efektivitas pembelajaran dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Teknologi, Keterlibatan Orang Tua, Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:58
Last Modified: 09 Nov 2022 01:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52810

Actions (login required)

View Item View Item