ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM�BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK


Syifa Fadilah, 4101417069 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN PROBLEM�BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417069 - Syifa Fadilah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis cukup rendah, khususnya untuk permasalahan dalam kehidupan. Salah satu model pembelajaran yang diduga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis di era pandemi adalah problem-based learning berbantuan LKPD daring yang dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah kemampuan komunikasi matematis dengan pembelajaran problem-based learning berbantuan LKPD daring mencapai ketuntasan klasikal, apakah rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran problem-based learning berbantuan LKPD daring lebih tinggi daripada pembelajaran ekspositori daring, apakah rata-rata skor rasa percaya diri siswa melalui pembelajaran problem-based learning berbantuan LKPD daring lebih baik daripada pembelajaran ekspositori daring, dan mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari rasa percaya diri siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem-based learning berbantuan LKPD daring. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed-method dengan desain sequential explanatory. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 39 Semarang tahun pelajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII C (kelas kontrol) dan VII D (kelas eksperimen) yang diambil dengan metode simple random sampling. Data diambil dengan tes, angket, dan wawancara. Selanjutnya hasil tes dan angket diolah dengan uji ketuntasan klasikal dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis melalui model pembelajaran problem-based learning berbantuan LKPD daring tidak mencapai ketuntasan klasikal dengan persentase yang dicapai adalah 62,96%; (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran problem-based learning berbantuan LKPD daring lebih tinggi dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model pembelajaran ekspositori daring; (3) rasa percaya diri siswa melalui model pembelajaran problem-based learning berbantuan LKPD daring lebih baik dari rasa percaya diri siswa dengan model pembelajaran ekspositori daring; (4) deskripsi kemampuan komunikasi matematis subjek rasa percaya diri tinggi memenuhi indikator drawing dan cenderung memenuhi indikator written text dan mathematical ekspression, subjek rasa percaya diri sedang memenuhi indikator written text dan drawing serta cenderung memenuhi indikator mathematical ekspression, dan subjek rasa percaya diri rendah cenderung memenuhi indikator drawing dan mathematical ekspression namun tidak memenuhi indikator written text.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis, Rasa Percaya Diri, Pembelajaran Problem-Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:53
Last Modified: 09 Nov 2022 01:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52809

Actions (login required)

View Item View Item