PEMBELAJARAN MANDIRI YANG MEMANFAATKAN MEDIA SPECIAL_SCHOOLsite UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TUNARUNGU


Adilah Ayoeb, 4101417063 (2021) PEMBELAJARAN MANDIRI YANG MEMANFAATKAN MEDIA SPECIAL_SCHOOLsite UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA TUNARUNGU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417063 - Adilah Ayoeb v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat dibutuhkan siswa tunarungu dalam proses pembelajaran matematika. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis adalah melalui pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan media SPECIAL_SCHOOLsite. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan media SPECIAL_SCHOOLsite terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tunarungu serta mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tunarungu sebelum serta sesudah memanfaatkan media SPECIAL_SCHOOLsite sebagai pembelajaran mandiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methode yang menggunakan pre-experimental design, sedangkan teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengamatan, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan media SPECIAL_SCHOOLsite efektif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa tunarungu. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tunarungu pada materi bangun ruang sisi datar melalui pembelajaran mandiri dengan memanfaatkan media SPECIAL_SCHOOLsite masuk ke dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Pembelajaran Mandiri, SPECIAL_SCHOOLsite. Tunarungu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:38
Last Modified: 09 Nov 2022 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52808

Actions (login required)

View Item View Item