ANALISIS FREKUENSI PERJALANAN SEBELUM DAN KETIKA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG


Muhammad Brilian Khakim, 5111417057 (2021) ANALISIS FREKUENSI PERJALANAN SEBELUM DAN KETIKA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ANALISIS FREKUENSI PERJALANAN SEBELUM DAN KETIKA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG] PDF (ANALISIS FREKUENSI PERJALANAN SEBELUM DAN KETIKA PANDEMI COVID-19 DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Virus Covid-19 di Indonesia pertama kali masuk pada bulan February 2020. Virus ini menyebabkan lumpuhnya semua aktifitas masyarakat Indonesia termasuk di bidang pendidikan. Dampak dari virus ini pemerintah memberlakukan peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang bertujuan untuk memutus penyebaran Covid-19. Dengan adanya kebijakan tersebut semua kegiatan atau aktifitas termasuk perkuliahan di Universitas PGRI Semarang menjadi terbatasi sehingga menyebabkan pengurangan aktivitas ke kampus yang nantinya akan berdampak pada frekuensi perjalanan ke kampus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil responden, mengetahui karakteristik perjalanan responden sebelum dan ketika pandemi Covid-19, serta mengetahui perbedaan frekuensi perjalanan responden sebelum dan ketika pandemi Covid-19. Penelitian ini berlokasi di Universitas PGRI Semarang. Metode yang digunakan untuk menyebar kuesioner adalah melalui google from yang didistribusikan kepada mahasiswa, karyawan, dosen, dan Instasi Universitas PGRI Semarang melalui media sosial. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa, karyawan dan dosen mempunyai kendaraan pribadi berupa sepeda motor. Terjadinya pandemi Covid-19 di Universitas PGRI Semarang menyebabkan adanya perubahan karakteristik perjalanan responden mulai dari kendaraan utama yang digunakan ke kampus, alasan penggunaan moda transportasi, pengeluaran rata-rata biaya transportasi perbulan, pengeluaran rata-rata biaya data internet perbulan, penggunaan sepeda, dan penggunaan angkutan. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test dapat diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan pada frekuensi perjalanan ke kampus oleh responden sebelum dan ketika pandemi Covid-19 dan ada perbedaan yang signifikan pada frekuensi perjalanan non kampus oleh responden sebelum dan ketika pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Frekuensi , PSBB
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:33
Last Modified: 09 Nov 2022 01:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52806

Actions (login required)

View Item View Item