PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran OTK Keuangan Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 9 Semarang)


Umi Rifatin, 7101417149 (2021) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran OTK Keuangan Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 9 Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran OTK Keuangan Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 9 Semarang)] PDF (PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran OTK Keuangan Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 9 Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Efektivitas belajar merupakan hal yang perlu diperhatikan dari sebuah proses kegiatan belajar demi mencapai tujuan yang diharapkan. Belajar dapat dikatakan efektif ketika berhasil mencapai tujuan yang telah direncakan dengan melibatkan proses yang tepat guna untuk mencapai hasil yang maksimal. Dalam rangka mencapai efektivitas belajar, terdapat berbagai macam faktor yang mempengaruhi, diantaranya ialah kebiasaan belajar, fasilitas belajar dan lingkungan keluarga. Permasalah dalam penelitian ini adalah pelaksanaan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang menjadi kebijakan pemerintah setelah pandemi Covid-19 menyebabkan efektivitas belajar tidak dapat tercapai dengan maksimal. Bedasarkan penelitian awal yang dilaksanakan di SMK Negeri 9 Semarang pada mata pelajaran OTK Keuangan diketahui efektivitas belajar dalam kondisi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kebiasaan belajar, fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap efektivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif , populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI OTKP SMK Negeri 9 Semarang dan sejumlah 83 siswa sebagai sampel/responden. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan data kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan persamaan Y = 20,440 + 0,478X1 + 0,228X2 + 0,021X3 + e. Terdapat pengaruh secara simultan (R2 ) sebesar 59,7%. Artinya kebiasaan belajar, fasilitas belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap efektivitas belajar sebesar 59,7%. Simpulan penelitian ini adalah kebiasaan belajar, fasilitas belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap efektivitas belajar siswa pada mata pelajaran OTK Keuangan kelas XI OTKP SMK Negeri 9 Semarang. Saran dari penelitian ini ialah bagi siswa meskipun pelajaran dilaksanakan secara daring tugas pertama adalah belajar, diharapkan agar siswa tetap membuat jadwal serta melaksanakan kegiatan belajar dengan baik dan disiplin agar efektivitas belajar dapat tercapai. Diharapkan bagi siswa maupun orang tua untuk memenuhi fasilitas kebutuhan buku pelajaran OTK Keuangan sebagai sumber belajar. Bagi orang tua diharapkan untuk meningkatkan pengertian kepada anak yang sedang belajar, tidak mengganggu dengan tugas rumah serta membantu siswa ketika mengalami kesulitan dalam belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Belajar, Kebiasaan Belajar, Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:42
Last Modified: 09 Nov 2022 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52805

Actions (login required)

View Item View Item