EFEKTIVITAS E-BOOK BUKU SUPLEMEN BENCANA TSUNAMI UNTUK MENlNGKATKAN PEMAHAMAN SlSWA MATERI KEBENCANAAN KELAS Xl IPS SMA THERESIANA 1 SEMARANG PADA PEMBELAJARAN DARING (ONLINE)


Eko Prasojo, 3201415013 (2021) EFEKTIVITAS E-BOOK BUKU SUPLEMEN BENCANA TSUNAMI UNTUK MENlNGKATKAN PEMAHAMAN SlSWA MATERI KEBENCANAAN KELAS Xl IPS SMA THERESIANA 1 SEMARANG PADA PEMBELAJARAN DARING (ONLINE). Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3201415013 - Eko Prasojo(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Bencana adalah suatu serangkaian kejadian yang mengancam, mengganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh faktor alam dan/ non alam maupun faktor manusia. Indonesia terletak pada zona pertemuan lempeng tektonik yang menyebabkan rawan terjadinya gempa yang berpotensi bencana tsunami. Dengan mengetahui hal tersebut, maka sangat penting pendidikan kebencanaan di sekolah. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilaksanakan di SMA Theresiana 1 Semarang penggunaan bahan ajar masih kurang karena belum tersedia bahan ajar tambahan serta hasil belajar siswa kelas XI pada materi kebencanaan masih rendah, untuk itu diperlukan bahan ajar suplemen/pendamping buku utama seperti E-book Buku Suplemen yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik dan sesuai dengan kondisi kegiatan pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahuai efektivitas e-book buku suplemen materi kebencanaan kelas XI IPS SMA Theresiana 1 Semarang pada pembelajaran daring. 2) Mengetahui respon siswa terhadap penggunaan e-book buku suplemen materi kebencanaan kelas XI IPS SMA Theresiana 1 Semarang pada pembelajaran daring. Metode penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian “true experimental design” dengan jenis “pretest-posttest control group design” dengan teknik pengumpulan data tes, angket, dan observasi. Lokasi penelitian di SMA Theresiana 1 Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Theresiaa 1 Semarang. Uji validalitas instrumen dilakukan dengan cara uji menggunakan SPSS. Teknik analisis data ini menggunakan statistik parametrik. Tahapan dalam penelitian ini adalah uji kelayakan e-book, pengambilan data, analisis data dan uji hipotesis, serta memberikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa e-book buku suplemen cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi kebencanaan. Hal ini ditandai dengan kelas eksperimen mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar tinggi dengan nilai n-gain score 0,73, sedangkan kelas kontrol 0,55 termasuk kategori sedang. Hal ini juga dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata�rata hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol memiliki perbedaan yang signifikan. Seluruh siswa kelas eksperimen memberikan tanggapan yang sangat baik terhadap pembelajaran berbantuan e-book suplemen. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini adalah penggunaan buku suplemen seperti e-book buku suplemen bencana tsunami sangat diperlukan agar menambah pemahaman siswa secara mendalam pada materi kebencanaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-book, Buku Suplemen, Kebencanaan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:19
Last Modified: 09 Nov 2022 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52802

Actions (login required)

View Item View Item