PENGARUH PENERIMAAN TEKNOLOGI, KEPERCAYAAN, DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI MELALUI SECURITIES CROWDFUNDING (Studi Empiris pada Mahasiswa Anggota Kelompok Studi Pasar Modal di Kota Semarang)


Fathan Hidayat, 7101417147 (2021) PENGARUH PENERIMAAN TEKNOLOGI, KEPERCAYAAN, DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI MELALUI SECURITIES CROWDFUNDING (Studi Empiris pada Mahasiswa Anggota Kelompok Studi Pasar Modal di Kota Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENERIMAAN TEKNOLOGI, KEPERCAYAAN, DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI MELALUI SECURITIES CROWDFUNDING (Studi Empiris pada Mahasiswa Anggota Kelompok Studi Pasar Modal di Kota Semarang)] PDF (PENGARUH PENERIMAAN TEKNOLOGI, KEPERCAYAAN, DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP MINAT BERINVESTASI MELALUI SECURITIES CROWDFUNDING (Studi Empiris pada Mahasiswa Anggota Kelompok Studi Pasar Modal di Kota Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Investasi adalah peruntukan dana dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Saat ini kegiatan investasi dapat dilakukan melalui platform digital. Hadirnya teknologi finansial Securities crowdfunding yang menggunakan konsep penawaran saham, surat hutang (obligasi), serta surat tanda kepemilikan bersama (Sukuk) yang memberikan modal bagi UMKM atau starup. Mahasiswa dianggap sebagai generasi milenial yang dengan mudah menerima suatu teknologi baru termasuk platform investasi securities crowdfunding. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penerimaan teknologi, kepercayaan, dan pelatihan pasar modal terhadap minat berinvestasi melalui securities crowdfunding. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa anggota Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) di Kota Semarang Tahun 2021 sebanyak 401 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus purposive sampling dengan propotional allocation sampel, diambil sebanyak 100 anggota sebagai responden. Metode pengumpulan data menggunakan angket atau uesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda dengan bantuan IBM SPSS statistic 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan teknologi berpengaruh terhadap minat berinvestasi melalui securities crowdfunding sebesar 15,91%, kepercayaan berpengaruh terhadap minat berinvestasi melalui securities crowdfunding sebesar 47,37%, dan pelatihan pasar modal tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi melalui securities crowdfunding dengan nilai sebesar -1,34%. Secara simultan penerimaan teknologi, kepercayaan, dan pelatihan pasar modal memiliki pengaruh terhadap minat berinvestasi sebesar 60,8% dan sisanya 39,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model. Simpulan dari penelitian ini adalah penerimaan teknologi dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berinvestasi melalui securities crowdfunding, sedangkan pelatihan pasar modal tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi melalui securities crowdfunding. Saran pada Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) dapat mengadakan pelatihan yang relevan mengenai investasi melalui securities crowdfunding. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan dapat menggunakan variabel lain yang belum digunakan dalam penelitian ini atau menambah variabel lain seperti persepsi risiko.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat berinvestasi, securities crowdfunding, penerimaan teknologi, kepercayaan, pelatihan pasar modal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Nov 2022 01:06
Last Modified: 09 Nov 2022 01:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52798

Actions (login required)

View Item View Item