PENGARUH SELF EFFICACY, MINAT MENJADI GURU, DAN KETERLIBATAN MAHASISWA DALAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP JIWA TEACHERPRENEURSHIP MAHASISWA KEPENDIDIKAN Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2017


Viky Firmansyah, 7101417138 (2021) PENGARUH SELF EFFICACY, MINAT MENJADI GURU, DAN KETERLIBATAN MAHASISWA DALAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP JIWA TEACHERPRENEURSHIP MAHASISWA KEPENDIDIKAN Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SELF EFFICACY, MINAT MENJADI GURU, DAN KETERLIBATAN MAHASISWA DALAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP JIWA TEACHERPRENEURSHIP MAHASISWA KEPENDIDIKAN Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2017] PDF (PENGARUH SELF EFFICACY, MINAT MENJADI GURU, DAN KETERLIBATAN MAHASISWA DALAM PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP JIWA TEACHERPRENEURSHIP MAHASISWA KEPENDIDIKAN Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun 2017) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Jiwa teacherpreneurship merupakan hal yang penting dalam diri seorang guru maupun calon guru. Jiwa teacherpreneurship akan membuat guru maupun calon guru menjadi guru profesional dan dapat mengikuti tuntutan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh self efficacy, minat menjadi guru, keterlibatan mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap jiwa teacherpreneurship pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi tahun angkatan 2017 Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini mengembangkan Teori Kognitif Sosial yang dicetuskan oleh Albert Bandura. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi tahun angkatan 2017 yang berjumlah 272 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah dengan menggunakan teknik proportional random sampling dengan perhitungan berdasarkan rumus slovin. Sehingga sampel dalam penelitian ini, berjumlah 162 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif stastistik dan analisis Partial Least Square - Structural Equatian Model (PLS-SEM) dengan program Warp PLS 7.0. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa self efficacy, minat menjadi guru, dan jiwa teachepreneurship memiliki representatif yang baik untuk penyebaran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy dan minat menjadi guru berpengaruh terhadap keterlibatan mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Self efficacy, minat menjadi guru, dan keterlibatan mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berpengaruh terhadap jiwa teacherpreneurship. Self efficacy tidak berpengaruh terhadap jiwa teacherpreneurship melalui keterlibatan mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), sedangkan minat menjadi guru berpengaruh terhadap jiwa teacherpreneurship melalui keterlibatan mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Berdasarkan hasil penelitian diatas, saran dalam meningkatkan jiwa teacherpreneurship dapat menggunakan variabel lain untuk mengetahui pengaruh tersebut. Selain itu, mahasiswa kependidikan khususnya Pendidikan Ekonomi agar selalu meningkatkan jiwa teacherpreneurship agar dapat menjadi guru profesional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Minat Menjadi Guru, Keterlibatan Mahasiswa dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Jiwa Teacherpreneurship
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Nov 2022 00:56
Last Modified: 09 Nov 2022 00:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52796

Actions (login required)

View Item View Item