PENGARUH MOTIVASI MENJADI GURU, PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU, DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2017 dan 2018)


Jernih Pitaria Manalu, 7101417133 (2021) PENGARUH MOTIVASI MENJADI GURU, PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU, DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2017 dan 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI MENJADI GURU, PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU, DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2017 dan 2018)] PDF (PENGARUH MOTIVASI MENJADI GURU, PERSEPSI PENDIDIKAN PROFESI GURU, DAN PENDAPATAN ORANG TUA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2017 dan 2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa harus menambah masa belajarnya selama satu tahun untuk memperoleh sertifikat pendidik profesional melalui program Pendidikan Profesi Guru (PPG). PPG dapat diikuti oleh S1 kependidikan termasuk lulusan pendidikan ekonomi. Namun, tidak semua mahasiswa pendidikan ekonomi dapat mengikuti PPG, karena program studi yang dibuka tidak konsisten dan kuota peserta yang terbatas setiap tahunnya. Hal ini dapat menyebabkan peluang mahasiswa semakin tertutup untuk mengikuti PPG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi menjadi guru, persepsi PPG, dan pendapatan orang tua terhadap minat mengikuti PPG pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan tahun 2017 dan 2018 secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 dan 2018 yang berjumlah 605 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified proportionate random sampling dengan rumus Slovin. Sehingga hanya 241 mahasiswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi dan kuesioner.Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan analisis pengujian hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi menjadi guru, persepsi PPG, dan pendapatan orang tua secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti PPG sebesar 63,8%. Sedangkan secara parsial variabel motivasi menjadi guru sebesar 39,19%, dan persepsi PPG sebesar 23,23% berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti PPG, namun pendapatan orang tua berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat mengikuti PPG sebesar 0,52%. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: MMPPG= -13,008 + 0,784MMG + 0,379PPPG + 0,074POT. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi menjadi guru dan persepsi PPG terhadap minat mengikuti PPG secara simultan dan parsial, sedangkan pendapatan orang tua berpengaruh positif tidak siginifikan terhadap minat mengikuti PPG. Saran kepada peneliti selanjutnya, diharapkan dapat memperluas variabel penelitian yang dapat mempengaruhi minat mengikuti PPG seperti: lingkungan keluarga, lingkungan teman sebaya atau variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Mengikuti PPG, Motivasi Menjadi Guru, Persepsi PPG, Pendapatan Orang Tua
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 09 Nov 2022 00:49
Last Modified: 09 Nov 2022 00:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52794

Actions (login required)

View Item View Item