PENGARUH VARIASI KEDALAMAN, JARAK, DAN DIAMETER PIPA SUB-DRAINASE TERHADAP GENANGAN DI LAPANGAN SEPAKBOLA (STUDI KASUS DI STADION PANDANARAN KABUPATEN SEMARANG)


Adian Ibnil Ma’arif, 5111417039 (2021) PENGARUH VARIASI KEDALAMAN, JARAK, DAN DIAMETER PIPA SUB-DRAINASE TERHADAP GENANGAN DI LAPANGAN SEPAKBOLA (STUDI KASUS DI STADION PANDANARAN KABUPATEN SEMARANG). Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGARUH VARIASI KEDALAMAN, JARAK, DAN DIAMETER PIPA SUB-DRAINASE TERHADAP GENANGAN DI LAPANGAN SEPAKBOLA (STUDI KASUS DI STADION PANDANARAN KABUPATEN SEMARANG)] PDF (PENGARUH VARIASI KEDALAMAN, JARAK, DAN DIAMETER PIPA SUB-DRAINASE TERHADAP GENANGAN DI LAPANGAN SEPAKBOLA (STUDI KASUS DI STADION PANDANARAN KABUPATEN SEMARANG)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi pada lapangan sepakbola di Indonesia yaitu buruknya sistem drainase, hal tersebut dibuktikan dengan adanya genangan air pada lapangan sepak bola yang akan mengganggu jalannya pertandingan. Masalah yang sama terjadi pada lapangan sepakbola Stadion Pandanaran Kabupaten Semarang. Sistem drainase yang ada pada lapangan sepakbola Stadion Pandanaran tidak mampu mengatasi genangan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis terhadap variasi parameter-paremeter sub drainase terhadap genangan di Lapangan Sepak Bola Stadion Pandanaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini dimulai dengan analisis tanah dan analisis hidrologi. Sistem drainase lapangan sepakbola Stadion Pandanaran belum menggunkan drainase bawah permukaan (subdrain) sehingga direncanakan lapisan subdrain dengan memvariasikan kedalaman, jarak, dan diameter pipa subdrain yang selanjutnya dilakukan analisis terhadap berbagai parameter perhitungan, yaitu parameter kedalaman, jarak, dan diameter pipa subdrain. Kemudian, dibandingkan dengan intensitas curah hujan yang terjadi di Lapangan Sepak Bola Stadion Pandanaran Kabupaten Semarang untuk kala ulang 2; 5; dan 10 tahun, sehingga diketahui apakah masih terdapat genangan di lapangan sepak bola Stadion Pandanaran untuk kala ulang tersebut. Berdasarkan hasil dari analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa variasi kedalaman, jarak, dan diameter pipa subdrain memiliki pengaruhnya masing-masing terhadap genangan yang terjadi di lapangan sepakbola Stadion Pandanaran untuk kala ulang 2; 5; dan 10 tahun. Kombinasi dari variasi kedalaman, jarak, dan diameter pipa subdrain menghasilkan variasi subdrain yang optimal untuk mengatasi genangan tersebut, yaitu subdrain dengan lapisan tanah 10 cm, pasir urug 10 cm, pasir murni 10 cm, dan kerikil 10 cm, serta menggunakan pipa drain ukuran diameter 4 inc dengan jarak antar pipa 5 m.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Drainase, Pipa, Lapangan Sepakbola, Stadion Pandanaran.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 09 Nov 2022 00:50
Last Modified: 09 Nov 2022 00:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52793

Actions (login required)

View Item View Item