PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DARING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 11 SEMARANG


Fikri Ardianto, 7101417126 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DARING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DARING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 11 SEMARANG] PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DARING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN 4C PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 11 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Model Problem Based Learning berbasis daring dihadirkan dalam pembelajaran daring sebagai salah satu solusi untuk menghadapi tantangan dan tuntutan abad 21. Melihat kondisi di lapangan, pelaksanaan menggunakan model pembelajaran ini dalam pembelajaran daring masih belum banyak diterapkan di sekolah-sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu menyusun desain penggunaan model Problem Based Learning di kelas daring pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 11 Semarang dan mengukur efektivitas model Problem Based Learning berbasis daring dalam meningkatkan keterampilan 4C pada peserta didik. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model penelitian eksperimen dengan bentuk desain menggunakan quasi experimental dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI SMA Negeri 11 Semarang dengan jumlah 499 anak. Sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPS 6 dan kelas XI IPS 7 dengan jumlah 69 anak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil penelitian yaitu nilai n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai n-gain kelas kontrol dengan peningkatan keterampilan 4C peserta didik, namun perbedaan keduanya tidak signifikan. Perbedaan yang tidak signifikan disebabkan karena terdapat kendala yang dihadapi selama pelaksanaan pembelajaran, di antaranya rendahnya tingkat kehadiran dan tingkat keaktifan peserta didik, adanya kendala sinyal yang susah atau hilang. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu : (1) Penerapan model Problem Based Learning berbasis daring perlu dilakukan dalam jangka waktu yang lebih lama sehingga keterampilan 4C peserta didik dapat mengalami peningkatan secara maksimal dan signifikan; (2) Pembagian kelompok belajar sebaiknya terdiri dari 4-5 peserta didik setiap kelompok, sehingga peserta didik dapat lebih fokus dalam memahami pembelajaran; dan (3) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melanjutkan penelitian dan pengembangan dengan melakukan beberapa perubahan seperti lebih memperbanyak jumlah pertemuan dan pemberian perlakuan yang lebih efektif untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih baik dan maksimal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Daring, Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, Communication), Keterampilan Abad 21.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:30
Last Modified: 08 Nov 2022 08:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52791

Actions (login required)

View Item View Item