PENGARUH SELF EFFICACY, BIAYA PENDIDIKAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERKARIER MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Sintiya Ambar Pradita, 7101417115 (2021) PENGARUH SELF EFFICACY, BIAYA PENDIDIKAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERKARIER MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SELF EFFICACY, BIAYA PENDIDIKAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERKARIER MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG] PDF (PENGARUH SELF EFFICACY, BIAYA PENDIDIKAN, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KEPUTUSAN BERKARIER MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2017 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan karir adalah suatu proses yang meliputi pemilihan dari alternatif yang tersedia dalam menentukan pendidikan ataupun pekerjaan yang didasarkan pada minat, tipe kepribadian, perasaan akan hambatan, peluang dan identitas vokasional yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh self efficacy, biaya pendidikan, lingkungan keluarga terhadap keputusan berkarier menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini mengembangkan Teori Holland. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2017 yang berjumlah 272 mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tekhnik sampling random proporsional (proportional random sampling) dengan perhitungan rumus slovin, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 162 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif daengan desain penelitian yang digunakan yaitu analisis deskriptif yang digunakan pula sebagai analisis data, selain itu uji yang digunakan yaitu uji analisis regresi berganda. Hasil Penelitian berdasarkan regresi menunjukan bahwa (1)Self Efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkarier menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi UNNES angkatan 2017, (2)Biaya Pendidikan berpengaruh positif dan sinifikan terhadap keputusan keputusan berkarier menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi UNNES angkatan 2017, (3) Lingkungan Keluarga tidak berpengaruh terhadap keputusan berkarier menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi UNNES angkatan 2017, namun memiliki nilai positif secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, saran yang diberikan pada penelitian ini yaitu mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan diri, motivasi, usaha keras dalam mencapai tujuan, kemampuan menghadapi hambatan dan lebih mengoptimalkan biaya pendidikan yang telah dibayarkan dengan usaha mencapai tujuan sehingga keputusan berkarier menjadi guru semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Biaya Pendidikan, Lingkungan Ekonomi, Keputusan Berkarier Menjadi Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:05
Last Modified: 08 Nov 2022 08:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52789

Actions (login required)

View Item View Item