EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DI SMK PGRI 1 KUDUS


Rifka Alfiyaturrohmah, 7101417103 (2021) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DI SMK PGRI 1 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DI SMK PGRI 1 KUDUS] PDF (EFEKTIVITAS PENGELOLAAN BURSA KERJA KHUSUS (BKK) DI SMK PGRI 1 KUDUS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terkait efektivitas pengelolaan Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di SMK PGRI 1 Kudus. Efektivitas dalam penelitian ini meliputi pencapaian tujuan, integrasi, dan adapatasi Bursa Kerja Khusus di SMK PGRI 1 Kudus. Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah lembaga yang mempunyai fungsi mempertemukan antara pencari kerja dengan pengguna tenaga kerja. Kegiatannya, memberikan informasi Pasar Kerja, pendaftaran pencari kerja, memberikan penyulihan dan bimbingan jabatan serta penyaluran dan penempatan tenaga kerja. (Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah) Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan, analisis data bersifat induktif dan hasilnya lebih menekankan makna dari pada generalisasi. (Sugiyono, 2009) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengelolaan Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK PGRI 1 Kudus tergolong efektif. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan adanya beberapa faktor yang menjadi indikator efektivitas pengelolaan Bursa Kerja Khusus dengan studi kasus yang ditinjau dari pencapaian tujuan, integritas, dan adaptasi, yaitu meliputi : Pencapaian tujuan BKK dalam kegiatan pengelolaan sebagian besar telah dicapai seperti penyaluran kerja dan diterimanya alumni di perusahaan yang baik, dan pemantauan atau pengontrolan bursa kerja khusus dalam kinerja pengelolaan BKK di SMK PGRI 1 Kudus dilakukan oleh kepala sekolah ; Integrasi BKK di SMK PGRI 1 Kudus dibuktikan dengan terjadinya kerjasama dengan berbagai perusahaan yang menunjang dalam pencapaian tujuan, terlebih lagi BKK di SMK PGRI 1 Kudus merupakan SMK pilihan yang dibina langsung oleh Djarum Fondation sehingga banyak perusahaan yang memberikan kepercayaan untuk bekerjasama; Adaptasi yang dilakukan oleh BKK yaitu pembekalan dan peningkatan skill pada siswa dalam menghadapi persaingan agar dapat survive di perusahaan yang menerimanya, serta pemenuhan sarana prasarana yang tergolong baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bursa Kerja Khusus (BKK), Efektivitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Nov 2022 08:00
Last Modified: 08 Nov 2022 08:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52788

Actions (login required)

View Item View Item