PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMA IT BINA AMAL SEMARANG TAHUN 2021


Jamal Mursid, 3201414026 (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN KEDISIPLINAN BELAJAR SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMA IT BINA AMAL SEMARANG TAHUN 2021. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3201414026 - Jamal Mursyid(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kondisi Pandemi yang mengubah metode pembelajaran dikhawatirkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan penilaian mengenai kemajuan serta keberhasilan siswa sesudah melakukan kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai atau angka yang bisa diukur melalui skor tes atau alat ukur lain tentang kemajuan belajar siswa Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan pengaruh fasilitas belajar di rumah dan kedisiplinan belajar secara daring terhadap hasil belajar geografi Siswa di SMA IT Bina Amal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, sedangkan metode penelitiannya adalah korelasional deskriftip. Metode korelasional deskriptif ini diharapkan dapat diperoleh gambaran sesungguhnya mengenai variabel- variabel penelitian sehingga dapat diketahui hubungan antara dua variabel tersebut. Adapaun jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 45 renponden yang diambil dari semua kelas. Penelitian ini mengambil 30% sampel yang ada dilapangan yakni sebanyak 45 sampel yang terdiri dari 20 siswa kelas XII, 15 siswa kelas XI serta 10 siswa Kela X . Pengambailan sampel oleh peneliti dilakukan dengan pertimbangan tertentu sehingga teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling (Sugiyono, 2017:124). Berdasarkan Hasil penelitian dapat di tarik kesimpulan bahwa Fasilitas Belajar (X1) adalah sebesar 0,188 artinya apabila Hasil Belajar meningkat, maka Fasilitas Belajar akan meningkat pula, akan tetapi variabel X1 ini tidak berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar. Nilai koefisien regresi variabel Kedisiplinan Belajar (X2) adalah sebesar 0,037 artinya apabila Hasil Belajar meningkat, maka Kedisiplinan Belajar akan meningkat pula, akan tetapi variabel X2 ini tidak berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar. Dengan menggunakan koefisien determinasi maka diperoleh koefisien determinasi fasilitas belajar 18% dan kedisiplinan belajar 3,7% sebagai pengaruh hasil belajar siswa. Sedangkan 78,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:43
Last Modified: 08 Nov 2022 07:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52783

Actions (login required)

View Item View Item