ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 4P (MARKETING MIX) PRODUK OLAHAN KEDELAI (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama Olahan Kedelai Kampung Tematik Sumurrejo)


Sukmawati, 7101417093 (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 4P (MARKETING MIX) PRODUK OLAHAN KEDELAI (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama Olahan Kedelai Kampung Tematik Sumurrejo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 4P (MARKETING MIX) PRODUK OLAHAN KEDELAI (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama Olahan Kedelai Kampung Tematik Sumurrejo)] PDF (ANALISIS STRATEGI PEMASARAN 4P (MARKETING MIX) PRODUK OLAHAN KEDELAI (Studi Kasus Kelompok Usaha Bersama Olahan Kedelai Kampung Tematik Sumurrejo)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu entitas bisnis yang memiliki peranan sangat penting dalam mendukung serta meningkatkan perekonomian nasional. Faktor yang penting dalam mencapai keberhasilan bagi UKM salah satunya adalah strategi pemasaran yang baik. Perusahaan yang memiliki strategi pemasaran baik dan terencana pastinya akan mencapai tujuan penjualan yang baik pula. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis strategi pemasaran 4P (marketing mix) pada UKM yang tergabung dalam KUB OKe Kampung Tematik Sumurrejo di era pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini UKM yang tergabung dalam KUB OKe Kampung Tematik Sumurrejo. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara, pengisisan kuesioner pada UKM yang tergabung dalam KUB OKe Kampung Tematik Sumurrejo dan data sekunder yang diperoleh melalui jurnal, artikel dan sumber lain. Analisis data yang dilakukan melalui langkah-langkah data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan, penentuan strategi alternatif didasarkan pada analisi SWOT. Hasil penelitian yang dilakukan pada KUB Oke Kampung Tematik Sumurrejo menunjukkan bahwa produk mix hanya berfokus pada inovasi produk dan belum meningkatkan kualitasnya sehingga produk belum memiliki sertifikasi PIRT, merek dagang yang sah dan kemasan yang masih sederhana. Price mix masih kurang karena dalam penetapan harga tidak ada perhitungan dan pembukuan yang pasti. Place mix oleh KUB OKe cukup baik dan higienis meskipun masih sederhana. Penjualan dilakukan secara langsung seperti di pasar dan di tempat-tempat yang banyak dikunjungi orang. Promotion mix hanya mengandalkan strategi promosi personal selling yaitu mouth to mouth. Saran yang diberikan peneliti untuk pemerintah dan pelaku usaha yaitu bersinergi dalam mewujudkan tujuan dengan penerapkan beberapa strategi alternatif berdasarkan hasil analisis SWOT posisi KUB Oke dalam pasar. Strategi alternatif diantaranya meningkatkan kualitas produk agar bisa mendaftar sertifikasi PIRT, mengajukan proposal modal, membuat pembukuan keuangan dan perhitungan break event point, menjaga kebersihan dan menerapkan protokol kesehatan, meyediakan toko online, membuat sosial media sebagai sarana promosi, dan mengikut kegiatan kuliner.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Strategi Semasaran, Marketing Mix, Olahan Kedelai
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:35
Last Modified: 08 Nov 2022 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52781

Actions (login required)

View Item View Item