IMPLEMENTASI PERILAKU EKONOMI HIJAU PETERNAK SAPI PERAH DESA BANYUANYAR KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI


Syifak Akhmad Indriarto, 7101417081 (2021) IMPLEMENTASI PERILAKU EKONOMI HIJAU PETERNAK SAPI PERAH DESA BANYUANYAR KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PERILAKU EKONOMI HIJAU PETERNAK SAPI PERAH DESA BANYUANYAR KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI] PDF (IMPLEMENTASI PERILAKU EKONOMI HIJAU PETERNAK SAPI PERAH DESA BANYUANYAR KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Boyolali telah mendapat piala Adipuran selama lima kali berturut turut, salah satu aspek penilaian Adipura adalah pengelolaan sampah pada skala lingkungan permukiman. Penelitian ini dilakukan di Desa Banyuanyar yang menjadi salah satu Desa iconik dari Kabupaten Boyolali yang terkenal akan hasil susu sapi dan olahan kopi nya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Persepsi peternak sapi perah dalam penerapan perilaku ekonomi hijau. 2) Pendidikan dari Kedua orang tua Peternak sapi perah mengenai perilaku ekonomi hijau. 3) Kesadaran peternak sapi perah dalam penerapan perilaku ekonomi hijau. 4) Penerapan Perilaku ekonomi hijau peternak sapi perah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan ialah teknik analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan peternak sapi perah di Desa Banyuanyar mengarah kepada keberlanjutan lingkungan dengan selalu memperhatikan setiap tindakan yang dilakukan dalam aktivitas di kandang sapi sehari harinya. Pendidikan dari kedua orang tua peternak sapi perah juga menjadi hal penting dalam keberlangsungan peternakan sapi yang dikelola oleh para peternak sapi perah di Desa Banyuanyar, karena beranjak dewasa anak anak mereka langsung diajarkan mengenai pengelolaan peternakan sapi perah, mulai dari proses pemberian pakan, pemerahan susu sapi hingga pengelolaan kotoran sapi. Kesadaran peternak sapi perah dalam menerapkan perilaku ekonomi hijau ditunjukan dengan pembuatan tabung biogas dengan swadaya pribadi dan juga pengolahan ampas kotoran menjadi pupuk ladang. Dalam penerapan perilaku ekonomi hijau peternak sapi mendapat hasil positif berupa perilaku peternak sapi yang menjaga kebersihan kandang dengan membersihkannya dua kali sehari, memasukan kotoran sapi ke dalam tabung biogas agar diolah menjadi bahan bakar kompor dan juga melakukan penjualan kotoran sapi agar mendapatkan penghasilan tambahan. Saran, 1) Pemerintah Desa Banyuanyar mengadakan kerjasama kepada berbagai pihak dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di Desa Banyuanyar. 2) Peternak sapi perah di Desa Banyuanyar perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna menunjang inovasi serta dapat menjadi contoh bagi peternak sapi lain di Desa dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Boyolali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi hijau, Persepsi, Pendidikan kedua orang tua, Kesadaran, Perilaku.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 08 Nov 2022 07:24
Last Modified: 08 Nov 2022 07:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52779

Actions (login required)

View Item View Item