PROBLEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG


Alif Rizki Ramadhana, 3101417082 (2021) PROBLEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA KESATRIAN 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417082 - Alif Rizky Ramadhana(v).pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 mengharuskan sekolah melaksanakan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Hal itu menyebabkan pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi pembelajaran, salah satunya adalah Google Classroom. Penelitian ini dilakukan di SMA Kesatrian 2 Semarang pada kelas XI IPS pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah a) mengetahui bagimana proses pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom, b) mengetahui Bagaimana problem yang dihadapi pada saat proses pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom, c) mengetahhui bagaimana mengatasi problem pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus di SMA Kesatrian 2 Semarang. Sumber data dalam penelitian ini yaitu informan, dokumen, dan observasi. Pada penelitian ini informannya adalah guru sejarah dan siswa kelas XI IPS SMA Kesatrian 2 Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu 1) Proses pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom pada pembelajaran sejarah di SMA Kesatrian 2 Semarang, 2) Problem yang dihadapi pada saat proses pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom adalah materi yang disampaikan kurang jelas, perbedaan tingkat pemahaman siswa dan tidak mengetahui kondisi siswa pada saat pembelajaran berlangsung, 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problem yang muncul pada saat pembelajaran jarak jauh menggunakan Google Classroom adalah guru melakukan komunikasi lebih baik dengan siswadan orang tua serta menggunakan aplikasi pembelajaran lain yang berbasis video convernece dan siswa melakukan browsing materi secara mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran Sejarah.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 08 Nov 2022 02:25
Last Modified: 08 Nov 2022 02:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52771

Actions (login required)

View Item View Item