Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Konstruktivisme Pokok Bahasan Gerak Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 4 Ungaran


Rosi Netianingsih , 4201406526 (2011) Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Konstruktivisme Pokok Bahasan Gerak Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 4 Ungaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Konstruktivisme Pokok Bahasan Gerak Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 4 Ungaran]
Preview
PDF (Pembelajaran Fisika Melalui Pendekatan Konstruktivisme Pokok Bahasan Gerak Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMPN 4 Ungaran) - Published Version
Download (862kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya: (1) pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pokok bahasan gerak di SMP. (2) pengaruh pendekatan konstruktivisme terhadaphasilbelajar siswa pada pokok bahasan gerak di SMP. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Penelitian dilaksanakan di SMPN 4 Ungaran tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Ungaran. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VII D yang terdiri 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F yang terdiri 34 siswa sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode test. Metode dokumentasi digunakan untuk analisis tahap awal yaitu analisis normalitas dan homogenitas yang diambil dari nilai mid semester ganjil tahun ajaran 2010/2011. Metode test dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh data hasil kemampuan berpikir kreatif siswa, baik kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Soal test berupa soal esai. Tes dilakukan setelah seluruh materi gerak diberikan. Berdasarkan hasil analisis data awal pada kedua kelas sampel dalam hal ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh keterangan bahwa data tersebut memiliki varian dan rata-rata yang sama, dengan demikian sampel tersebut dapat dikatakan layak untuk dijadikan sebagai objek dalam penelitian ini. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa hasil test akhir pada kedua kelompok tersebut mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar dengan selisih yang cukup jauh dimana rata-rata kelas kontrol 68,18 dan kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 74,36. Setelah dilakukan uji perbedaan dua rata-rata ternyata terbukti bahwa secara statistik hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dibanding hasil belajar pada kelas kontrol. Pembelajaran fisika dengan pendekatan konstruktivisme dapat membentuk kemampuan berpikir kreatif siswa. Kemampuan berpikir kreatif ini dicerminkan dalam lima aspek, yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, elaborasi dan evaluasi. Kemampuan berpikir kreatif tersebut dinilai melalui lembar test dan lembar observasi afektif siswa. Hasil test menunjukkan bahwa aspek kelancaran dicapai 64,39 %, keluwesan 97,37 %, keaslian 97,37 %, elaborasi 78,79 % dan evaluasi 47, 73 %. Secara keseluruhan kemampuan berpikir kreatif yang dicapai oleh siswa adalah sebesar 83,48 %. Dilihat dari rata-rata yang dicapai oleh siswa, kemampuan berpikir yang dimiliki siswa dalam kategori kreatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan konstruktivisme, kemampuan berpikir kreatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Oct 2011 03:54
Last Modified: 25 Apr 2015 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5277

Actions (login required)

View Item View Item