KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MODEL PEMBELAJARAN PjBL BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI WHATSAPP


Elmas Mahardika Dianati, 4101417058 (2021) KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MODEL PEMBELAJARAN PjBL BERBASIS ETNOMATEMATIKA BERBANTUAN APLIKASI WHATSAPP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417058 - Elmas Mahardika Dianati v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran PjBL berbasis etnomatematika berbantuan aplikasi whatsApp mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 75%, menganalisis perbedaan rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran PjBL berbasis etnomatematika berbantuan aplikasi whatsApp dengan rata-rata kemampuan koneksi matematis dalam pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi whatsApp, menganalisis perbedaan proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII dalam pembelajaran PjBL berbasis etnomatematika berbantuan aplikasi whatsApp dengan proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan koneksi matematis dalam pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi whatsApp, dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis ditinjau kemandirian belajar matematis siswa kelas VII pada pembelajaran PjBL berbasis etnomatematika berbantuan aplikasi whatsApp. Penelitian ini menggunakan mix methods dengan sequential explanatory design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bawang tahun pelajaran 2021/2022. Subjek pada penelitian ini berjumlah 6 yang terdiri dari 2 orang siswa pada setiap kategori kemandirian belajar yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan koneksi matematis siswa dapat mencapai ketuntasan belajar klasikal sebesar 75% dari banyaknya siswaa kelas VII pada pembelajaran PjBL berbasis etnomatematika berbantuan aplikasi whatsApp; (2) rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran PjBL berbasis etnomatematika berbantuan aplikasi whatsApp pada lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran Discovery Learning berbantuan aplikasi whatsApp; (3) Proporsi ketuntasan hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran PjBL berbasis etnomatematika berbantuan aplikasi whatsApp pada lebih tinggi daripada proporsi hasil tes kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran model Discovery Learning; (4) subjek kemandirian belajar kategori tinggi mampu memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis. Subjek kemandirian belajar kategori sedang sedikitnya satu memiliki indikator kemampuan koneksi matematis dengan kriteria cukup mampu. Subjek kemandirian belajar kategori rendah, dua subjek sedikitnya satu memiliki indikator kemampuan koneksi matematis dengan kriteria tidak mampu dan satu subjek memiliki indikator kemampuan koneksi matematis dengan kriteria cukup mampu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Kemandirian Belajar, PjBL, Etnomatematika, Aplikasi WhatsApp
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:39
Last Modified: 07 Nov 2022 07:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52759

Actions (login required)

View Item View Item