Pengembangan Virtual Mobile Math Trails untuk Pembelajaran Pemodelan Matematika Secara Daring


Nazzun Sholikha Nurin, 4101417021 (2021) Pengembangan Virtual Mobile Math Trails untuk Pembelajaran Pemodelan Matematika Secara Daring. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417021 - Nazzun Sholikha Nurin v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemodelan matematika adalah kemampuan siswa dalam menerjemahkan suatu permasalahan dalam dunia nyata ke dalam kalimat matematika (model matematika), menyelesaikannya sesuai konsep matematika, dan mengembalikan solusi ke situasi nyata. Kemampuan pemodelan matematika dapat ditunjang melalui pembelajaran dengan mengeksplorasi matematika di lingkungan sekitar yang didesain secara virtual pada pembelajaran daring. Aplikasi Virtual Mobile Math Trails dikembangkan dengan harapan dapat membantu siswa dalam memahami penerapan matematika dalam dunia nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh produk media pembelajaran berupa Virtual Mobile Math Trails yang valid dan praktis terhadap kemampuan pemodelan matematika siswa secara daring, mendeskripsikan pembelajaran pemodelan matematika melalui Virtual Mobile Math Trails secara daring, dan mengetahui peningkatan kemampuan pemodelan matematika siswa setelah diterapkannya pembelajaran menggunakan Virtual Mobile Math Trails secara daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian desain. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). Berdasarkan uji validitas oleh ahli media dan ahli materi, produk termasuk dalam kriteria sangat layak untuk diimplementasikan. Berdasarkan hasil penilaian guru dan siswa pada uji praktikalitas, produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat praktis. Aplikasi ini telah diimplementasikan di kelas VIII-E SMP Negeri 01 Semarang tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan analisis setelah pembelajaran menggunakan Virtual Mobile Math Trails terdapat peningkatan kemampuan pemodelan matematika siswa pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Math Trails, Aplikasi Android, Pembelajaran Daring, Pemodelan Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:17
Last Modified: 07 Nov 2022 07:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52755

Actions (login required)

View Item View Item