PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA


Khosi‟atun Khoiriyah, 4101417019 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417019 - Khosi'atun Khoiriyah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi awal dengan guru matematika kelas VIII di SMPN 1 Rembang diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan oleh guru dan siswa masih terbatas pada bahan ajar yang disediakan oleh pemerintah dan yang hanya tinggal membeli. Sehingga dimungkinkan bahan ajar yang demikian bersifat monoton, tidak kontekstual, dan mudah menjadikan siswa bosan dalam pembelajaran. Belum ada bahan ajar yang dirancang khusus oleh guru untuk menunjang proses pembelajaran. Kemudian berdasarkan hasil penelitian awal yang dilakukan peneliti di kelas VIII-I SMPN 1 Rembang terhadap kemampuan representasi matematis siswa diketahui bahwa kemampuan representasi matematis siswa masih belum optimal. Bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) mengaitkan materi matematika dengan masalah realistik yang dekat dengan siswa di kehidupan sehari-hari dan mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME) yang memenuhi kesesuaian karakteristik, kelayakan, keterbacaan, dan mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan pendekatan 4D menurut Thiagarajan, yaitu define, design, development, dan dissemination; namun penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap development. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-B sebagai kelas uji keterbacaan dan VIII-I SMP Negeri 1 Rembang sebagai kelas uji coba pemakaian produk bahan ajar dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar matematika berbasis RME yang dihasilkan memenuhi kriteria yaitu: (1) karakteristik bahan ajar matematika berbasis RME sesuai dengan format analisis buku siswa menurut Kemendikbud yang dimodifikasi, (2) bahan ajar matematika berbasis RME memperoleh kriteria sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata persentase kelayakan 96,47%, (3) bahan ajar matematika berbasis RME mudah dipahami oleh siswa dengan persentase keterbacaan 88,52%, dan (4) bahan ajar matematika berbasis RME mampu meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dengan hasil n-gain sebesar 0,4969 pada kriteria sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, RME, Kemampuan Representasi Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:10
Last Modified: 07 Nov 2022 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52753

Actions (login required)

View Item View Item