PENGARUH IKLAN, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MINI MARKET BUSINESS CENTER SMK NEGERI 1 KENDAL


Zahrani Dwi Himawati, 7101417078 (2021) PENGARUH IKLAN, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MINI MARKET BUSINESS CENTER SMK NEGERI 1 KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH IKLAN, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MINI MARKET BUSINESS CENTER SMK NEGERI 1 KENDAL] PDF (PENGARUH IKLAN, FASILITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MINI MARKET BUSINESS CENTER SMK NEGERI 1 KENDAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kepuasan konsumen merupakan merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam melakukan pembelian ulang yang merupakan porsi terbesar dari volume penjualan. Kepuasan konsumen Mini Market Business Center SMK Negeri 1 Kendal terbilang rendah, ditunjukkan dengan data penjualan yang selalu mengalami penurunan dalam empat tahun terakhir. Sehingga diindikasikan bahwa ada kepuasan yang tidak maksimal yang dirasakan oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Mini Market Business Center SMK Negeri 1 Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode deskriptif dengan alat analisis IBM SPSS. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen Mini Market Business Center SMK Negeri 1 Kendal dengan sampel sebanyak 100 konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Propability Sampling dengan metode Accidental Sampling. Penelitian ini menunjukkan persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 17,635 + 0,506X1 + 0,357X2 + 0,491X3 + e. Iklan, fasilitas, dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 53,2%, sedangkan sisanya yakni 46,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Variabel yang memberikan pengaruh paling besar secara parsial terhadap kepuasan konsumen yaitu variabel iklan sebesar 17,30%, variabel kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen sebesar 14,36%, dan variabel fasilitas sebesar 3,72%. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan antara iklan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Mini Market Business Center SMK Negeri 1 Kendal. Sedangkan fasilitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap konsumen Mini Market Business Center SMK Negeri 1 Kendal. Saran dari penelitian ini yaitu Business Center SMK Negeri 1 Kendal harus tetap mempertahankan iklan yang dibuat agar tercipta kepuasan konsumen yang tinggi, selain itu itu perlu menambah fasilitas yang belum ada agar konsumen tertarik untuk berbelanja di Mini Market Business Center SMK Negeri 1 Kendal. Bagi peneliti selanjutnya, perlu mengkaji atau menambahkan variabel lain yang dapat memengaruhi kepuasan konsumen, serta memperluas subjek penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Iklan, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen Kepuasan konsumen adalah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:07
Last Modified: 07 Nov 2022 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52752

Actions (login required)

View Item View Item