PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MODEL PREPROSPEC BERBANTUAN TIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS


Lia Alfiana, 4101417016 (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MODEL PREPROSPEC BERBANTUAN TIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417016 - Lia Alfiana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah belum menggunakan LKPD dalam pembelajaran matematika. Selain itu, peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menulis, mengekspresikan matematika, dan merefleksikan gambar ke dalam ide-ide matematika. Penelitian ini berfokus pada pengembangan LKPD berbasis kontekstual pada model Preprospec berbantuan TIK untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan LKPD, tingkat kelayakan LKPD, tingkat keterbacaan LKPD, dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII H SMP Negeri 1 Boja. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) LKPD Statistika berbasis kontekstual pada model Preprospec berbantuan TIK melalui proses pengembangan yang terdiri dari tahap define, design, dan development; (2) LKPD dinyatakan valid dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran serta memenuhi aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan aspek pembelajaran kontekstual, dengan persentase rata-rata kelayakan sebesar ; (3) uji keterbacaan LKPD oleh peserta didik memperoleh rata-rata dengan kriteria keterbacaan sangat baik; (4) berdasarkan uji sampel berpasangan dan uji N-Gain menunjukkan bahwa LKPD efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan besar peningkatan sebesar ̅ yang berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKPD, pendekatan kontekstual, model Preprospec berbantuan TIK, kemampuan komunikasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 07:04
Last Modified: 07 Nov 2022 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52750

Actions (login required)

View Item View Item