ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL INDUCTIVE DISCOVERY LEARNING


Arbai Syahidarahma Senati Putri, 4101416135 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN DENGAN MODEL INDUCTIVE DISCOVERY LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413115 - AMATULLAH AL BATUL v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata dan proporsi kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VIII pada pembelajaran dengan model Inductive Discovery Learning dapat mencapai lebih dari KKM dan lebih dari ketuntasan secara klasikal, rata-rata dan proporsi kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VIII pada pembelajaran dengan model Inductive Discovery Learning lebih baik dari model Problem Based Learning, adakah pengaruh kemandirian belajar peserta didik terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VIII pada pembelajaran dengan model Inductive Discovery Learning, dan kemampuan representasi matematis peserta didik kelas VIII ditinjau dari kemandirian belajar dalam pembelajaran dengan Inductive Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix methods dengan desain concurrent embedded (campuran tidak seimbang). Metode kuantitatif yang digunakan berbobot 70% yaitu untuk mengetahui hasil rata-rata dan ketuntasan klasikal kemampuan representasi matematis pada Inductive Discovery Learning, membandingkan model Inductive Discovery Learning dan Problem Based Learning, dan pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik. Sedangkan metoode kualitatif berbobot 30% yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis peserta didik yang ditinjau dari kemandirian belajar pada pembelajaran dengan model Inductive Discovery Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 40 Semarang tahun pelajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket kemandirian belajar, tes kemampuan representasi matematis, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata dan proporsi kemampuan representasi matematis peserta didik pada pembelajaran dengan model Inductive Discovery Learning mencapai lebih dari KKM dan lebih dari ketuntasan secara klasikal, rata-rata dan proporsi kemampuan representasi matematis pada pembelajaran dengan model Inductive Discovery Learning lebih baik dari Problem Based Learning, terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan representasi matematis pada pembelajaran dengan model Inductive Discovery Learning sebesar 22%, Peserta didik dengan kemandirian tinggi mampu memenuhi indikator menggambar grafik, membuat model matematika, menggunakan ekspresi matematis, dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian dengan kata-kata sehingga peserta didik dengan kemandirian tinggi memiliki kemampuan representasi matematis yang lebih baik daripada kemandirian sedang atau rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis, Kemandirian Belajar, Inductive Discovery Learning
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:40
Last Modified: 07 Nov 2022 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52744

Actions (login required)

View Item View Item