PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM


Nabil Roy Mumtaz, 4101416132 (2021) PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE DENGAN MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101416132 - NABIL ROY MUMTAZ v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (24MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika merupakan salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Dalam penelitian ini, diterapkan pembelajaran model Brain Based Learning yang berbasis Learning Management System, yakni pembelajaran menggunakan teknologi berbasis web untuk berkomunikasi, berkolaborasi, belajar, transfer ilmu pengetahuan, dan pembelajaran guna menambah nilai kepada peserta didik maupun karyawan di sebuah perusahaan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan efektivitas dari pembelajaran model Brain Based Learning berbasis Learning Management System dan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi SPLDV untuk masing-masing tingkatan Self�Confidence. Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian mixed method dengan desain sequential explanatory atau urutan pembuktian, yaitu dilakukan penelitian kuantitatif pada tahap pertama dan kemudian dilanjutkan pada kualitatif pada tahap kedua. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Semarang tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII E dan VIII F SMP Negeri 30 Semarang yang dipilih secara acak menggunakan metode simple random sampling. Subjek penelitian adalah 9 orang siswa kelas VIII F yang masing-masing adalah 3 siswa dengan tingkat Self-Confidence tinggi, 3 siswa dengan tingkat Self-Confidence sedang, dan 3 siswa dengan tingkat Self-Confidence rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, soal tes, angket, dan metode wawancara Hasil penelitian menunjukkan: (1) kualitas pembelajaran matematika pada kelas eksperimen berfokus pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berkriteria sangat baik (2) tingkat self-confidence berpengaruh 19,2% terhadap kemampuan pemecahan masalah dan (3) deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tingkat self-confidence siswa yaitu (a) self-confidence tinggi. Rata-rata ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah adalah 69% (b) self-confidence sedang, Rata-rata ketercapaian indikator kemampuan pemecahan masalah adalah 65,5%; dan (c) self-confidence rendah, Rata-rata ketercapaian terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah 24,75%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Confidence, Brain Based Learning, Learning Management System
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:35
Last Modified: 07 Nov 2022 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52743

Actions (login required)

View Item View Item