PENGEMBANGAN PERANGKAT FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK


Thomi Setiawan, 4101416073 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT FLIPPED CLASSROOM MENGGUNAKAN SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101416073 - THOMI Setiawan v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dalam pendidikan dibarengi dengan perkembangan model pembelajaran yang mengakomodasi teknologi. Menurut penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan blended learning didapat kesimpulan bahwa model pembelajaran dengan blended learning dapat dijadikan alternatif model pembelajaran karena model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Salah satu jenis model blended learning adalah flipped classroom. Flipped Classroom adalah model pembelajaran dengan memindahkan proses pembelajaran langsung dari ruang kelas ke dalam ruang belajar individu dengan bantuan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kevalidan perangkat pembelajaran yang berupa silabus, RPP, LKPD, dan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan 7 langkah penelitian riset dan pengembangan untuk membuat produk perangkat pembelajaran. Langkah penelitian yang dilakukan adalah: studi pendahuluan, rancangan produk, validasi produk, revisi produk awal, uji coba, revisi produk akhir, dan hasil akhir produk. Produk dirancang berdasarkan studi literatur selanjutnya divalidasi oleh ahli dan kemudian diuji coba dalam kelas kecil. Pengembangan perangkat pembelajaran flipped classroom dilakukan untuk menstimulasi kemampuan berkpikir kritis dan minat belajar siswa. Perangkat ini telah diuji oleh 2 ahli dengan angka validasi 87,45%. Sedangkan uji keterbacaaan lembar kerja rata-rata 85,00%, dan uji kerterbacaan media rata-rata 84,00%. Perangkat dinyatakan layak dan sudah sesuai dengan prinsip dan stuktur perangkat pembelajaran, aspek kemampuan berpikir kritis, aspek minat belajar dan aspek kebahasaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flipped Classroom, Kemampuan Berpikir Kritis, Minat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 06:28
Last Modified: 07 Nov 2022 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52742

Actions (login required)

View Item View Item