PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES)


Ayu Apriyanti, 7101417059 (2021) PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES)] PDF (PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku yang dilakukan seseorang untuk membeli suatu barang dan jasa yang mengutamakan keinginan dari pada kebutuhan dan seseorang cenderung mengkonsumsi barang secara berlebihan. Perilaku konsumtif dapat terjadi kepada semua orang, termasuk mahasiswa, apalagi mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat yang amat dekat dengan pengaruh perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif dengan penggunaan media sosial sebagai variabel intervening. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017. Dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai unit analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi, analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa perilaku konsumtif, literasi keuangan, gaya hidup hedonis, dan media sosial termasuk kedalam kategori yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Gaya hidup hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Literasi keuangan dan gaya hidup hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap media sosial. Media sosial tidak dapat memediasi pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif. Simpulan penelitian ini gaya hidup hedonis berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, sedangkan literasi keuangan dan media sosial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Media sosial tidak dapat memediasi literasi keuangan dan gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif. Saran dari penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan dapat menerapkan pengetahuan tentang literasi keuangan dalam kehidupan sehari-hari sehingga mahasiswa dapat mengendalikan diri dan bisa mengelola keuangannya dengan baik, mahasiswa diharapkan bisa mengatur kehidupannya dengan mengalihkan waktunya untuk halhal yang lebih positif dan dapat mengontrol keinginannya untuk berbelanja dengan mempertimbangkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Gaya hidup Hedonis, Penggunaan Media Sosial, Perilaku Konsumtif
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:33
Last Modified: 07 Nov 2022 04:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52738

Actions (login required)

View Item View Item