HAMBATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 7 SEMARANG


Istikharoh, 3101417071 (2021) HAMBATAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3101417071 - ISTIKHAROH(v).pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran jarak jauh merupakan sistem pembelajaran yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia selama pandemik COVID-19 berlangsung agar dapat mengurangi resiko tertular virus corona dengan tidak mengadakan pembelajaran secara langsung atau dengan tidak tatap muka antara guru, peserta didik satu dengan peserta didik lainnya. Pembelajaran jarak jauh diterapkan diseluruh mata pelajaran seperti mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Kimia, Fisika dan lain sebagainya hingga mata pelajaran Sejarah. Penerapan kebijakan pembelajaran jarak jauh dalam sistem pendidikan di Indonesia masih terbilang baru, sehingga masih terdapat beberapa hambatan atau kendala yang dirasakan selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala apa saja yang dihadapi dalam perencanaan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 7 Semarang, menganalisis hambatan apa saja yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 7 Semarang dan mengidentifikasi apa saja hambatan dalam penilaian pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 7 Semarang. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis studi kasus. Informan adalah guru sejarah dan peserta didik kelas X IPS SMA Negeri 7 Semarang. Teknik pengumpulan data berupa: wawancara, observasi dan kajian dokumen. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terdapat kendala dalam kegiatan perencanaan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah diantaranya yaitu hambatan dalam pengemasan materi, kesulitan memilih strategi pembelajaran, hambatan dalam menguasai teknologi, serta hambatan dalam pemberian tugas. Hambatan dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah yaitu kesulitan dalam menarik minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, kendala teknis, hambatan dalam berkomunikasi, pengawasan serta pengelolaan kelas yang terbatas, hambatan alat/bahan pembelajaran yang kurang memadai, sikap peserta didik yang cenderung pasif dan kurang memahami materi, serta hambatan waktu yang terbatas. Hambatan dalam kegiatan penilaian pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran sejarah yaitu kesulitan dalam mengoreksi tugas peserta didik, peserta didik malas dan terlambat dalam mengumpulkan tugas, kegiatan penilaian keterampilan tidak bisa dilaksanakan secara maksimal, kesulitan dalam mengukur dan mengontrol sikap peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Pembelajaran Jarak Jauh, Pembelajaran Sejarah
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:20
Last Modified: 07 Nov 2022 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52736

Actions (login required)

View Item View Item