KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DITINJAU DARI RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI


Aditia Permana, 4101415117 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN PENDEKATAN OPEN ENDED DITINJAU DARI RASA PERCAYA DIRI SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101415117 - Aditia Permana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran Mind Mapping dengan pendekatan Open-Ended mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran Problem Based Learning dan apakah rasa percaya diri siswa berpengaruh serta bagaimana deskripsi rasa percaya diri siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran Mind Mapping dengan pendekatan Open-Ended. Metode penelitian ini adalah mixed methods dengan desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI SMAN 12 Semarang Tahun 2019/2020, pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling terpilih XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 5 sebagai kelas kontrol. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa. Subjek diwawancarai berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan rasa percaya diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran Mind Mapping dengan pendekatan Open-Ended mencapai ketuntasan belajar dan lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran problem based learning. Terdapat pengaruh rasa percaya diri siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran Mind Mapping dengan pendekatan Open-Ended. Deskripsi subjek dengan rasa percaya diri tinggi mampu memenuhi indikator flexibility, fluency, dan novelty. Subjek dengan rasa percaya diri sedang mampu memenuhi fluency dan novelty. Subjek dengan rasa percaya diri rendah hanya mampu memenuhi satu indikator fluency atau novelty.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Mind Mapping, Open-Ended, Rasa Percaya Diri Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:44
Last Modified: 07 Nov 2022 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52727

Actions (login required)

View Item View Item