ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PEMBELAJARAN MODEL PBL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
Muhammad Ikrom, 4101413140 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP DENGAN PEMBELAJARAN MODEL PBL DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (23MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan aspek yang penting dalam pembelajaran matematika, tetapi pada kenyataannya prestasi belajar siswa Indonesia belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hasil Ujian Nasional (UN) matematika tahun 2014/2015 menunjukkan bahwa daya serap siswa yang berkaitan dengan materi persamaan linear dua variabel dalam lingkup Nasional masih kurang dari persentase ketuntasan ideal yaitu 75%. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa 2) mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan 3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran model Problem Based Learning ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian mixed methods dengan desain sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Semarang tahun pelajaran 2017/2018 dan sampelnya adalah siswa kelas VIII E dan VIII F yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibagi ke dalam empat tahap, yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali penyelesaian terhadap langkah yang telah dikerjakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mencapai ketuntasan klasikal dengan 88,89% siswa mencapai ketuntasan, 2) ada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran model Problem Based Learning, 3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pembelajaran model Problem Based Learning dapat ditinjau dari gaya belajar siswa, dan 4) pembelajaran model Problem Based Learning mampu memfasilitasi gaya belajar siswa, yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, PBL (Problem Based Learning), Gaya Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 03:13 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 03:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52722 |
Actions (login required)
View Item |