PENGARUH FEAR OF FAILURE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI


Maulina Widiyastuti, 7101417054 (2021) PENGARUH FEAR OF FAILURE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FEAR OF FAILURE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI] PDF (PENGARUH FEAR OF FAILURE DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK DENGAN SELF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MEDIASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan sebuah perilaku menunda-nunda dalam pengerjaan tugas yang telah menjadi kebiasaan dan dapat berdampak pada menurunnya peforma serta prestasi akademik mahasiswa. Perilaku menunda disebabkan oleh adanya keyakinan irrasional dalam memandang tugas, sehingga mahasiswa yang tidak dapat mengontrol diri dengan baik maka akan melakukan penundaan dalam pengerjaan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fear of failure dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik serta untuk menguji variabel self control sebagai variabel mediasi. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2019 berjumlah 997 mahasiswa dan pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin sebanyak 286 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan bahwa prokrastinasi akademik dalam kategori cukup tinggi. Fear of failure berada pada kategori cukup tinggi. Motivasi berprestasi dalam kategori cukup tinggi. Self contol berada pada kategori cukup tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif fear of failure terhadap prokrastinasi akademik, sementara itu motivasi berprestasi dan self control tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik. Secara parsial fear of failure tidak berpengaruh terhadap self control. Secara parsial motivasi berprestasi berpengaruh terhadap self control. Serta self control tidak mampu memediasi pengaruh fear of failure dan motivasi berprestasi pada prokrastinasi akademik. Simpulan dari penelitian ini adalah prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh fear of failure, motivasi berprestasi dan self control tidak berpengaruh terhadap prokrastinasi akademik. self control dipengaruhi oleh motivasi berprestasi serta tidak dipengaruhi oleh fear of failure, dan self control tidak mampu memediasi pengaruh fear of failure dan motivasi berprestasi terhadap prokrastinasi akademik. Saran yang diberikan antara lain mahasiswa disarankan untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu dengan baik, memperhatikan realisasi dari setiap perencanaan yang sudah dibuat, menyusun skala prioritas aktivitas dengan mendahulukan aktivitas pengerjaan tugas-tugas akademik, serta menghindari stimulus yang dapat mengalihkan perhatian diri ketika sedang dalam proses pengerjaan tugas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: : Prokrastinasi Akademik, Fear of Failure, Motivasi Berprestasi, Self Control
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Nov 2022 04:26
Last Modified: 07 Nov 2022 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52721

Actions (login required)

View Item View Item