PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POP-UP BERBASIS GUIDED INQUIRI PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN BANGUN DATAR KELAS IX SMP/MTS


Amatullah Al Batul, 4101413115 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POP-UP BERBASIS GUIDED INQUIRI PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN BANGUN DATAR KELAS IX SMP/MTS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101413115 - AMATULLAH AL BATUL v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Sub materi kekongruenan dan kesebangunan bangun datar berdasarkan pada laporan hasil ujian nasional SMP/MTs tahun 2018/2019 mendapatkan daya serap siswa di bawah nilai baku yang ditetapkan. Hal tersebut disebabkan salah satunya karena belum maksimalnya kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, serta belum adanya media pembelajaran yang mendukung. Guided Inquiri (Inkuiri Terbimbing) merupakan alternatif metode pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Sementara itu, bahan ajar pop-up merupakan media pembelajaran berbasis kemajuan teknologi yang mampu meningkatkan minat serta motivasi belajar siswa, terutama pada materi dengan objek-objek yang cenderung bersifat abstrak. Oleh karenanya, pada penelitian ini dihasilkan suatu produk media berupa bahan ajar pop-up berbasis guided inquiri untuk materi kekongruenan dan kesebangunan bangun datar kelas IX SMP/MTs. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (Research & Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Berdasarkan pada hasil penelitian ini, didapatkan presentase kevalidan bahan ajar pop-up secara keseluruhan dalam kategori sangat baik serta presentase ketuntasan tes hasil belajar siswa dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media bahan ajar pop-up berbasis guided inquiri layak digunakan sebagai media pembelajaran serta efektif untuk digunakan pada pembelajaran materi kekongruenan dan kesebangunan bangun datar kelas IX SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar Pop-Up, Guided Inquiri, Kekongruenan dan Kesebangunan Bangun Datar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 03:07
Last Modified: 07 Nov 2022 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52720

Actions (login required)

View Item View Item