PENGARUH PJBL BERMUATAN SETS SECARA DARING TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PENGETAHUAN DI MASA PANDEMI COVID-19


Putri Setyaningrum, 4001417070 (2021) PENGARUH PJBL BERMUATAN SETS SECARA DARING TERHADAP PENINGKATAN KREATIVITAS DAN PENGETAHUAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417070 - Putri Setyaningrum v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas dan pengetahuan peserta didik yang rendah disebabkan kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring akibat dampak pandemi Covid-19. Kegiatan pembelajaran secara daring dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction yang tidak memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan kemampuan kreativitas dan pengetahuan yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran PjBL bermuatan SETS terhadap peningkatan kreativitas dan pengetahuan peserta didik. Desain penelitian yaitu Pretest-Postest Control Design. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dari populasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Pati tahun ajaran 2020/2021. Data kreativitas diambil menggunakan observasi, sedangkan data pengetahuan diambil menggunakan metode tes. Hasil uji N-gain menunjukkan terjadinya peningkatan kreativitas peserta didik di kelas eksperimen pada aspek fluency sebesar 0,623 kategori sedang, aspek originality sebesar 0,488 kategori sedang, aspek elaboration sebesar 0,425 kategori sedang, dan aspek flexibility sebesar 0,572 kategori sedang, sementara di kelas kontrol aspek pada aspek fluency sebesar 0,22 kategori rendah, aspek originality sebesar 0,361 kategori sedang, aspek elaboration sebesar 0,209 kategori rendah, dan aspek flexibility sebesar 0,176 kategori rendah. Hasil uji-t menunjukkan perbedaan yang signifikan pada pengetahuan peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan thitung=3,396 lebih dari ttabel=1,676. Hasil uji N-gain menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,517 dengan kategori sedang dan kelas kontrol 0,357 dengan kategori sedang. Model pembelajaran PjBL bermuatan SETS berpengaruh terhadap kreativitas dan pengetahuan peserta didik karena memenuhi indikator pengaruh peningkatan dan perbedaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PjBL, SETS, kreativitas, pengetahuan
Subjects: L Education > L Education (General) > Interactive Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:56
Last Modified: 07 Nov 2022 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52717

Actions (login required)

View Item View Item