Pengembangan Emulsi (elektronik modul praktikum articulate storyline 3) untuk Melatih Self-Regulated Learning Peserta Didik


Ali Sadikin, 4001417061 (2021) Pengembangan Emulsi (elektronik modul praktikum articulate storyline 3) untuk Melatih Self-Regulated Learning Peserta Didik. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417061 - Ali Sadikin v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh studi pendahuluan melalui hasil analisis kuisioner kemandirian belajar di SMP Negeri 1 Ungaran bahwa sebanyak 52.4% peserta didik mengalami kesulitan dalam pembelajaran mandiri pada sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan sebanyak 66.7% membutuhkan panduan dalam pelaksanaan praktikum. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Emulsi (elektronik modul praktikum articulate storyline 3) untuk melatih Self-Regulated Learning (SRL) peserta didik yang valid dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R & D) mengacu model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Ungaran dan validator. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli, tes, dan lembar penilaian diri SRL peserta didik. Penelitian ini diawali pada tahap desain Emulsi yang kemudian divalidasi oleh ahli dengan rincian rerata hasil validasi ahli materi (85%), hasil validasi ahli bahasa (95%), hasil validasi ahli media (80%), hasil validasi konstruk soal (75%), hasil validasi silabus (97%), hasil validasi RPP (95%), hasil validasi lembar penilaian diri dalam SRL peserta didik (87%), dan hasil validasi rubrik penilaian laporan praktikum (76%). Tahap implementasi dilakukan di kelas VIII F SMP Negeri 1 Ungaran dengan hasil ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik meliputi, nilai pre-test (36.1%), nilai post-test (100%) dan nilai akhir yang didapat dari rerata nilai laporan praktikum dan nilai post-test (77.7%). Hasil pretest dan post-test kemudian dianalisis dengan uji N-gain dengan hasil 0,73 yang menunjukkan kriteria tinggi. Hasil dari skor penilaian diri dalam SRL ≥ 75% atau 27 dari 36 peserta didik menunjukkan skor > 76 sehinggah dapat dikatakan efektif. Berdasarkan haasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Emulsi dapat dikatakan valid dan efektif untuk melatih SRL peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Emulsi, Self-Regulated Learning
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:27
Last Modified: 07 Nov 2022 02:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52713

Actions (login required)

View Item View Item