PENGARUH RELIGIUSITAS, SOCIAL SUPPORT, DAN SELF DISCLOSURE TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Semarang Angkatan 2020)


Ezar Shofi, 7101417050 (2021) PENGARUH RELIGIUSITAS, SOCIAL SUPPORT, DAN SELF DISCLOSURE TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Semarang Angkatan 2020). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH RELIGIUSITAS, SOCIAL SUPPORT, DAN SELF DISCLOSURE TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Semarang Angkatan 2020)] PDF (PENGARUH RELIGIUSITAS, SOCIAL SUPPORT, DAN SELF DISCLOSURE TERHADAP RESILIENSI AKADEMIK MAHASISWA DENGAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi di Universitas Negeri Semarang Angkatan 2020)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Resiliensi akademik yang dimiliki mahasiswa akan menjadikannya memiliki kemampuan untuk bertahan terhadap tekanan dan kondisi akademik yang tidak diharapkan terjadi pada dirinya dengan melakukan improvisasi, penyesuaian diri, dan merespon secara positif sehingga mampu untuk menghadapi, mencegah, meminimalkan dan bahkan menghilangkan dampakdampak negatif yang mungkin terjadi. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh religiusitas, social support, dan self disclosure terhadap resiliensi akademik dan peran self efficacy dalam memoderasi pengaruh religiusitas, social support, dan self disclosure terhadap resiliensi akademik mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dengan pengujian hipotesis (hypothesis study). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi jurusan pendidikan akuntansi Universitas Negeri Semarang angkatan 2020. Jumlah sampel sebanyak 118 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan probability sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan aplikasi SPSS versi 26 Hasil analisis deskriptif menunjukkan resiliensi akademik memiliki kriteria sangat tinggi, religiusitas sangat tinggi, social support tinggi, self disclosure tinggi, dan self efficacy sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap resiliensi akademik, sedangkan variabel social support dan self disclosure tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap resiliensi akademik. Self efficacy sebagai variabel moderasi secara signifikan mampu memperkuat pengaruh religiusitas terhadap resiliensi akademik namun tidak mampu memperkuat pengaruh social support dan self disclosure terhadap resiliensi akademik. Simpulan dari penelitian ini religiusitas berpengaruh terhadap resiliensi akademik, sedangkan social support dan self disclosure tidak berpengaruh terhadap resiliensi akademik. Self efficacy dapat memperkuat pengaruh religiusitas terhadap resiliensi akademik dan tidak dapat memperkuat pengaruh social support dan self disclosure terhadap resiliensi akademik. Saran dari penelitian ini mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan keimanan kepada Tuhan, memperbanyak ibadah, memperdalam ilmu agama, mampu bersabar, bersyukur serta menambah kepercayaan diri untuk meningkatkan resiliensi akademik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Resiliensi Akademik, Religiusitas, Social Support, Self Disclosure, Self Efficacy
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:24
Last Modified: 07 Nov 2022 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52712

Actions (login required)

View Item View Item