PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING PADA MATERI TATA SURYA DI KELAS INKLUSI SMP


Moh. Qalfin, 4001417059 (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS UNIVERSAL DESIGN FOR LEARNING PADA MATERI TATA SURYA DI KELAS INKLUSI SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417059 - Moh. Qalfin v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Konsep tentang pendidikan inklusi mengandung arti bahwa sekolah akan menghadapi peserta didik yang lebih beragam atau bervariasi sehingga diperlukan sebuah desain bahan belajar yang bersifat universal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik dan validitas E-LKPD berbasis Universal Design for Learning (UDL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan prosedur pengembangan 4D oleh Thiagarajan (1974). Prosedur pengembangan 4D meliputi define, design, develop, dan disseminate namun dibatasi sampai tahap develop karena kondisi pandemi. Data penelitian berupa data karakteristik, validitas, dan keterbacaan peserta didik terhadap E-LKPD berbasis UDL. Semua data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik dari E-LKPD berbasis UDL yaitu LKPD yang memuat komponen yang sama dengan LKPD lainnya, yang membedakan dengan LKPD lainnya adalah (1) E-LKPD berbasis UDL berbentuk elektronik yang aksesibel, (2) E-LKPD berbasis UDL disajikan secara interaktif, (3) E-LKPD berbasis UDL memuat serangkaian kegiatan pembelajaran materi tata surya yang dapat merangsang keingintahuan peserta didik, (4) E-LKPD berbasis UDL memuat tiga prinsip UDL yaitu representasi, aksi dan ekspresi, serta keterlibatan. Didasarkan penilaian validator materi dan media, E-LKPD berbasis UDL dinyatakan sangat valid dengan persentase rata�rata sebesar 94,30 % pada aspek materi dan 96,76 % pada aspek media serta didukung dengan penilaian keterbacaan oleh peserta didik yang mendapatkan tanggapan sangat baik dengan presentase rata rata sebesar 85,92 %. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis UDL sangat valid digunakan untuk menunjang kegiatan pembelajaran IPA di kelas inklusi SMP pada materi surya dan keterbacaan E-LKPD berbasis UDL termasuk pada kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; Universal Design for Learning; Tata Surya, Kelas Inklusi
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:21
Last Modified: 07 Nov 2022 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52711

Actions (login required)

View Item View Item