PENGELOLAAN ARSIP STATIS DI KANTOR DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PATI


ANA RUMIATI, 7101417049 (2021) PENGELOLAAN ARSIP STATIS DI KANTOR DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN ARSIP STATIS DI KANTOR DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PATI] PDF (PENGELOLAAN ARSIP STATIS DI KANTOR DINAS ARSIP DAN PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PATI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kantor Dinas Arsip dan Perpustkaan Daerah Kabupaten Pati mempunyai visi yaitu arsip dan perpustakaan daerah sebagai sumber informasi dan warisan budaya daerah menuju sumber daya manusia berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengelolaan arsip statis di Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu kabid kearsipan, kasi akuisisi dan pengelolaan arsip, kasi layanan dan pelestarian arsip, dan arsiparis. Pengambilan data menggunakan metode pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Dan keabsahan yang digunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kemudian teknik analisis data yang digunakan terdapat tiga teknik diantaranya Reduction (reduksi data), Display data (penyajian data) dan Penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kegiatan Pengelolaan arsip statis pada Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati secara garis besarnya menganut pada UU No. 43 Tahun 2009, meliputi kegiatan : 1) Akuisisi arsip statis 2) Pengolahan arsip statis. 3) Preservasi. 4) Akses informasi dan layanan publik sudah digunakan terdapat tiga akses yang digunakan yaitu SIKS (Sistem Informasi Kearsipan Statis), ARDIPA (Arsip Digital Pati) dan JIKN (Jaringan Informasi Kearsipan Nasional). Simpulan dari penelitan ini bahwa kegiatan dalam pengelolaan arsip statis dikantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pati diantaranya : 1) Akuisisi arsip diantaranya monitoring fisik arsip dan daftar arsip statis, arsip yang akan diserahkan harus tertata rapi, pelaksanaan serah terima arsip statis, daftar pencarian arsip (DPA), dan menyimpan dokumen. 2) Pengolahan Arsip Statis diantaranya menata fisik arsip statis, dan penyusunan sarana bantu temu balik arsip statis (guide, daftar arsip dan inventaris). 3) Preservasi arsip statis, preservasi arsip dilaksanakan dengan cara preventif dan akuratif. Preservasi arsip statis dengan cara preventif dilakukan dari penyimpanan, pengendalian hama terpadu, reproduksi, dan perencanaan menghadapi bencana. Sedangkan cara kuratif melalui perawatan arsip statis dengan memperhatikan keutuhan informasi yang dikandung dalam arsip statis. 4) Akses arsip statis , proses akses arsip statis dilaksanakan dalam rangka pemanfaatan, pendayagunaan, dan pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arsip Statis, Pengelolaan Arsip Statis, Kearsipan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:14
Last Modified: 07 Nov 2022 02:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52710

Actions (login required)

View Item View Item