ANALISIS KESALAHAN SISWA DENGAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI PADA SISWA KELAS VIII SMP


Prita Dwi Nurlaeli, 4001417055 (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DENGAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI PADA SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417055 - Prita Dwi Nurlaeli v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kesalahan yang dilakukan siswa SMP Kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita getaran, gelombang, dan bunyi berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) dan mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab kesalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMP Nurusshibyan Paguyangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan tes tertulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian menganalisis data dengan cara reduksi data, penyajian data (display data) dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya analisis Newman mampu mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan oleh siswa dan bagaimana kesalahan tersebut bisa terjadi. Pada kesalahan menurut Newman untuk tipe kesalahan membaca terjadi karena siswa tidak dapat memaknai kalimat dengan baik, kemudian pada kesalahan tipe memahami masalah terjadi karena siswa tidak mampu memahami konsep atau tidak tahu apa yang ditanyakan pada soal. Selanjutnya untuk kesalahan tipe transformasi banyak dilakukan siswa karena tidak mengerti rumus apa yang harus digunakannya untuk menyelesaikan soal. Pada kesalahan tipe ketrampilan proses terjadi karena siswa melakuan kesalahan pada proses perhitungan. Sedangkan pada tipe kesalahan penarikan kesimpulan pada penelitian ini terjadi karena semua siswa tidak berhasil melewati kesalahan tipe sebelumnya sehingga untuk kesalahan penarikan kesimpulan tidak bisa dianalisis lagi menurut Newman. Adapun faktor faktor yang menjadi penyebab kesalahan terjadi pada siswa adalah siswa tidak teliti, siswa tidak memahami konsep dan siswa kurang berlatih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Siswa, Newman’s Error Analysis (NEA), Getaran Gelombang dan Bunyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 02:12
Last Modified: 07 Nov 2022 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52709

Actions (login required)

View Item View Item