KEEFEKTIFAN MODEL SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT BERBANTUAN SCIENCE DIGITAL STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISW
Desinta Ramadhani, 4001417052 (2021) KEEFEKTIFAN MODEL SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT BERBANTUAN SCIENCE DIGITAL STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISW. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah siswa yang masih rendah disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut ialah implementasi model pembelajaran IPA yang belum berorientasi student-centered learning dan pemanfaatan media yang masih rendah. Tujuan penelitian quasy experiment ini ialah untuk menganalisis pengaruh dan keefektifan model Self Organized Learning Environment (SOLE) berbantuan Science Digital Storytelling (SDS) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem pencernaan manusia serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan media tersebut. Teknik cluster random sampling digunakan untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah sampel 64 siswa. Uji pengaruh penerapan SOLE berbantuan SDS diperoleh Sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka pemberian perlakuan berpengaruh positif. Besar peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh berdasarkan nilai N�gain di kelas eksperimen sebesar 0,6 dengan kategori sedang (cukup efektif) dan pada kelas kontrol sebesar 0,3 dengan kategori rendah (tidak efektif). Tanggapan siswa terhadap penerapan media SDS sebesar 88,2% berada dalam kriteria sangat baik digunakan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Organized Learning Environment, Science Digital Storytelling, kemampuan pemecahan masalah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 01:58 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 01:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52707 |
Actions (login required)
View Item |