PENGEMBANGAN E-LKPD BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP


Dyah Islamiati Lestari, 4001417030 (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001417030 - Dyah Islamiati Lestari v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya kemampuan berpikir kritis pada abad 21 ini menjadi permasalahan yang sering ditemukan pada peserta didik SMP pada pembelajaran IPA. Hal tersebut dikarenakan implementasi kurikulum 2013 yang kurang optimal dan peserta didik tidak terbiasa untuk menemukan konsep pengetahuannya sendiri. Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, pengembangan E-LKPD menjadi salah satu inovasi dalam pengembangan bahan ajar yang dapat mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran serta dapat meningkatkan efisiensi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Pengembangan E-LKPD berorientasi HOTS dapat membuat peserta didik menemukan konsep pengetahuannya sendiri sehingga diharapkan mampu melatih kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis validitas E-LKPD berorientasi HOTS untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan menganalisis karakteristik E-LKPD berorientasi HOTS yang dikembangkan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) terdiri dari tahap define, design, develop, and disseminate namun pada penelitian ini dimodifikasi sampai tahap develop. Subjek penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas VIII SMP N 16 Semarang pada tahap uji coba terbatas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD berorientasi HOTS ini valid setelah dilakukan uji validasi oleh 5 ahli materi dan 5 ahli media. Berdasarkan hasil validasi didapatkan nilai Aiken’s V rata-rata sebesar 0,89 oleh ahli materi dan sebesar 0,88 oleh ahli media. Karakteristik dari E-LKPD berorientasi HOTS yang dikembangkan ini antara lain (1) interaktif, (2) bersifat praktis, (3) terintegrasi model pembelajaran inkuiri terbimbing, (4) mencakup aspek HOTS, dan (5) latihan soal melatih kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut dapat ditinjau dari hasil validasi ahli dengan kriteria valid dan hasil keterbacaan peserta didik yang dikategorikan sangat baik dengan presentase rata-rata sebesar 89,10 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adodo, S. O & Gbore, O., 2012. Prediction of Attitude and Interest of Science Students of Different Ability on Their Academic Performance in Basic Science. International Journal of Psychology and Counselling, 4(6): 68-72. Afandi & Sajidan. 2017. Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Surakarta: UNS Press. Aiken, L. R. 1980. Content Validity and Reliability of Single Items or Questionnaires. Educational and Psychological Measurement. 40: 955-959. Anderson, L. W., Krathwol, D.R., Airasian, P.W., Cruikshank, K.A., Mayer, R.E., Pintrich, P.R., Raths, J., & Wittrock, M.C. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assissing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objrctive. New York: Longman. Andri, R. M. 2017. Peran dan Fungsi Teknologi dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1): 122–29. Arifin, Z & Retnawati, H. 2017. Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills Matematika Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1): 98. Arsal, Z. 2017. The Impact of Inquiry Based Learning on The Critical Thinking Dispositions of Pre-Service Science Teacher. International Journal of Science Education, 39(10): 1-13. Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Ashyar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta. Asmawati, E.Y. 2015. Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1): 1-16. Awaluddin, F. D., Fahmi, R., & Rusminanto P. W. 2016. Pengembangan Modul Elektronik PCL pada Standar Kompetensi Pemprogran Peralatan Sistem Pengendali Elektronik dengan PCL untuk SMK Raden Patah Kota Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3): 711-716. Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar 84 Badan Standar Nasional Pendidikan dan Pusat Perbukuan. 2012. Instrumen Penilaian Tahap I dan Tahap II Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar Dan Menengah. Online. Tersedia di [Online] http://bsnp-indonesia.org/?p=1340. (diakses 12-4-2021). Brierton, S., Wilson, E., Kistler, M., Flowers, J., & Jones, D.. 2016. A Comparison of Higher Order Thinking Skills Demonstrated in Synchronous and Asynchronous Online College Discussion Posts. NACTA Journal, 60(1): 14- 21. Cahyono, B. 2017. Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1): 50-64. Cheng, M.H.M., & Wan, Z.H. 2017. Exploring the Effects of Classroom Learning Environment on Critical Thinking Skills and Disposition: A Study Of Hong Kong 12th Graders In Liberal Studies. Thinking Skills and Creativity, 24(1): 152-163. Choo, Serene S.Y. 2011. Effect Worksheet Scaffold on Student Learning in Problem Based Learning. Journal Adv in Health Science Education, Springerlink, 16 (1): 517-528. Depdiknas. 2011. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Depdiknas. Desmita. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Di, W., Danxia, X., & Chun, L. 2019. The Effects of Learner Factors on Higher�Order Thinking in the Smart Classroom Environment. Journal of Computers in Education, 6(4): 483–98. Festiyed, Asrizal, Sumarmin R. 2017. Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Bermuatan Literasi Era Digital Untuk Pembelajaran Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1): 1-8. Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Terjemahan Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga. Fitria, A., Wijaya, M., & Danial, M. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Chemistry Education Review (CER), 3(2): 163-171. 85 Hafsah, N. R., Rohendi, D., & Purnawan, P. 2016. Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1): 106-112. Handayani, P. A. 2019. Pengembangan LKPD Interaktif untuk Melatih HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Materi Termodinamika. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung. Heer, R. 2012. A Model of Learning Objectives. Iowa State University (Center of Excellence in Learning and Teaching). Tersedia di http://www.celt.iastate.edu/teaching-resources/effective�practice/revisedblooms-taxonomy/ [ 28-04-2021 ]. Heong, Y. M., Kiong, T. T., Mohamad, M. M., Yunos, J., & Othinan, W. 2017. The Difference between Polytechnic Student's Learning Styles and Their Higher Order Thinking Skills Level. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities., 25S: 233-246. Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. 2021. Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2): 25-30. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Grahalia Indonesia. Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. 2017. Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1): 9-21. Kalima, K., Gulo, F., & Edi, R. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Komputer pada Pembelajaran Kimia Larutan Asam Basa di Kelas XI SMA. In Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1): 227-238. Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. 2018. Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2): 170-17. Magsino, R. M. 2014. Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology 86 Class TProblem-Based Learning. Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 2(5): 1–6. Novitasari, N. 2015. Pengembangan Assessment untuk Mengukur Problem Solving Skills Siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi Materi Lingkungan. Doctoral Dissertation. Surakarta : Universitas Sebelas Maret. Nugroho, R. A. 2018. HOTS Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-Soal. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana. Nurhayati, N., Munawaroh, F., & Wulandari, A. Y. R. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Implementasi Model Pembelajaran Susan Loucks Horsley. Natural Science Education Research, 1(2): 39-52. Nuriadin, I., Perbowo, K.S. 2013. Analisis Korelasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 3 Lurangung Kuningan Jawa Barat. Infinity Journal, 2(1): 65-74. Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. 2018. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2): 155-158. Prastowo, A. 2012 Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press. __________. 2020. Profil Guru Pembelajar di Indonesia dalam Merespon Tantangan Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 12(2): 88-105. Prihartiningsih., Zubaidah, S., & Kusairi. 2016. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 1(1): 1053-1062. Purnama, S. 2010. Elemen Warna dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(1): 113-129. Rachmasari, M., Serevina, V., & Budi, A.S. 2019. Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Fisika 2019. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta. Rahdiyanta. 2016. Teknik Penyusunan Modul. Tersedia di http://staff.uny.ac.id/upload/131569341 [diakses 28-08-2021]. 87 Ramlawati, et al. 2014. The Effect of Electronic Portfolio Assessment Model to Increase of Student’s Generic Science Skills in Practical Inorganic Chemistry. Journal of Education and Learning, 8(3): 179- 186. Ridho, S., Ruwiyatun, Subali, B., & Marwoto, P. 2020. Improving Critical Thinking Skill of Junior High School Students Through Science Process Skills Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(2): 166-172 Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta. Ritdamaya, D., & Suhandi, A. 2016. Konstruksi Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Terkait Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2): 87–96. Riyadi, B., Ertikanto, C., & Suyatna, A. 2018. The Analysis and Design of Guided Inquiry E-Worksheet Based to Develop High Order Thinking Skills. International Journal of Research-Granthaalayah, 6(7): 223-233. Rokhmah, L., Gulӧ, F., & Edi, R. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Komputer untuk Pembelajaran Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA. Seminar Nasional Pendidikan IPA, 1(1): 338-347. Saftari, M., & Fajriah. 2019. Penilaian Ranah Afektif dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap untuk Menilai Hasil Belajar. Edutainment, 7(1): 13-20. Salsiah, A. 2015. Kemampuan Menyusun Hipotesis dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2): 190-201. Sanjaya, Wina. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Sasson, I., Yehuda, I., & Malkinson, N. 2018. Fostering the Skills of Critical Thinking and Question-Posing in a Project-Based Learning Environment. Thinking Skills and Creativity, 29: 203–12. Solikhin, M.,& Fauziah, A.N.M. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pelajaran IPA Saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID�19. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2): 89-93. Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. 2019. Pengembangan Bahan Ajar 88 Elektronik Menggunakan Flip PDF Professional pada Materi Alat-alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3): 145-152. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Suyanto,S., Paidi & Wilujeng, I. 2011. Lembar Kerja Siswa (LKS) Pembekalan Guru Daerah Terluar dan Tertinggal. Tersedia di http://staff.uny.ac.id/sites/default/.../LEMBAR%20KERJA%20SISWA.docx [diakses 28-04-2021]. Trianingsih, R. 2018. Aplikasi Pembelajaran Kontekstual yang Sesuai Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy Genteng Banyuwangi. Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif,Progresif, dan Kontekstual. Surabaya: Kencana Prenada Media Grup. Utami, S, & Sundari, S. 2019. Inquiry-based Learning for Improving Student Learning Outcomes: Literature Review. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(1): 49-62. Wati, S. S., Artayasa, I. P., & Kusmiyati, K. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Sistem Gerak Makhluk Hidup Berbasis Literasi Sains dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP. Jurnal Pijar Mipa, 15(5): 548. Wijaya, M. 2021. Peningkatan Keterampilan Guru Kelas dalam Mengajar IPA dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pedagogiana, 84(8): 19- 25. Yee, M. H., Yunos, J. M., Othman, W., Hassan, R., Tee, T. K., & Mohamad, M. M. 2015. Disparity of Learning Styles and Higher Order Thinking Skills among Technical Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences ,204(1): 143– 52. Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. 2019. Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. In Journal of Physics: Conference Series, 1364:1, p. 012006. Yusuff, N. A. N., & Idris, I. 2018 . Adolescents’ Interests and Aspirations in Science and Scientific Careers, Inquiry Learning and Science Identitiy. International 89 Journal of Business & Management Study, 4(2) : 1-4. Zubaidah, S., Fuad, N. M., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Creative Thinking Skills of Students Through Differentiated Science Inquiry Integrated with Mind Map. Journal of Turkish Science Education, 14(4) :77-91.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:36
Last Modified: 07 Nov 2022 01:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52703

Actions (login required)

View Item View Item