KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATAN GEYER YANG DILAYANI PDAM PURWA TIRTA DHARMA KABUPATEN GROBOGAN


Nurani Amal Pamuji, 5111417019 (2021) KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATAN GEYER YANG DILAYANI PDAM PURWA TIRTA DHARMA KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATAN GEYER YANG DILAYANI PDAM PURWA TIRTA DHARMA KABUPATEN GROBOGAN] PDF (KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH DI KECAMATAN GEYER YANG DILAYANI PDAM PURWA TIRTA DHARMA KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Air adalah kebutuhan yang mutlak bagi kehidupan manusia. Terjadinya kekurangan air akan sangat mempengaruhi kelangsungan hidup manusia pada berbagai aspek kehidupan. Oleh sebab itu, maksud dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memprediksikan kebutuhan air bersih dan ketersediaannya hingga tahun 2030 dengan tujuan mencegah terjadinya kekurangan air bersih hingga tahun 2030. Penelitian ini diadakan pada PDAM Purwa Tirta Dharma Kabupaten Grobogan khususnya pada wilayah pelayanan Kecamatan Geyer. Kecamatan Geyer merupakan salah satu kecamatan terbesar di Kabupaten Grobogan serta salah satu wilayah yang kerap kali mengalami kekeringan dan krisis air bersih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan data antara lain, jumlah penduduk Kecamatan Geyer tahun 2015 –2020, tiap jenis pelanggan aktif tahun 2015 – 2020 dan data produksi PDAM tahun 2015 – 2020. Hasil analisis menunjukkan bahwa prediksi kebutuhan air bersih berdasarkan jumlah penduduk dan tiap jenis pelanggan aktif mengalami peningkatan setiap tahunnya hingga tahun 2030. Prediksi kebutuhan air total berdasarkan jumlah penduduk sebesar pada jam puncak sebesar 110,982 lt/detik. Sedangkan prediksi kebutuhan air bersih berdasarkan jumlah pelanggan pada jam puncak sebesar 15,488 lt/detik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PDAM, Prediksi Kebutuhan air, Kebutuhan air
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:32
Last Modified: 07 Nov 2022 01:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52702

Actions (login required)

View Item View Item