MASALAH YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI DAN MTs SE KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2010/2011


Yusanto , 6101406554 (2011) MASALAH YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI DAN MTs SE KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MASALAH YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI DAN MTs SE KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2010/2011]
Preview
PDF (MASALAH YANG DIHADAPI GURU DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI DAN MTs SE KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG TAHUN AJARAN 2010/2011) - Published Version
Download (456kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah masalah yang dihadapi Guru dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri dan MTs se-Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah yang dihadapi Guru dalam Pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri dan MTs se-Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru penjasorkes dan siswa ( 3 anak ) dari tiap sekolahan yang semuanya berjumlah 23 sampel. Metode pokok dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara yang digunakan untuk memperoleh informasi langsung tentang masalah yang dihadapi dalam pembelajaran penjasorkes, dan metode observasi untuk memperoleh catatan deskriptif tentang pembelajaran penjasorkes, untuk memperoleh data yang akurat. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa dalam pembelajaran penjasorkes ditemukan banyak permasalahan yaitu pada saat membuka pelajaran, apersepsi, pemanasan, menjelaskan materi, memberikan contoh, menutup pelajaran dan ada 7 faktor yang mempengaruhi pembelajaran penjasorkes yaitu, faktor anak didik, faktor tujuan, faktor materi dan bahan pelajaran, faktor metoda dan strategi, faktor sarana dan prasarana, faktor kondisi lingkungan dan faktor evaluasi hasil belajar. Dari hasil penelitian, sehingga ditarik simpulan bahwa, 1) pembelajaran penjasorkes di SMP Negeri dan MTs se-kecamatan Limpung Kabupaten Batang sudah sesuai dengan tahapan-tahapan yang harus dilakukan oleh guru penjasorkes yaitu membuka pelajaran, apersepsi, pemanasan, menjelaskan materi dan menutup pelajaran. 2) faktor anak didik yang paling menjadi masalah dalam pembelajaran penjasorkes di SMP Negeri dan MTs Se-Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Saran yang penulis sampaikan adalah 1) hendaknya guru penjasorkes dapat lebih meningkatkan lagi kegiatan belajar mengajar. 2) Dalam pembelajaran penjasorkes hendaknya guru lebih memperhatikan peserta didik kaitanya dengan materi yang akan diajarkan dengan menyesuaikan jenis kelamin, tingkatan usia dan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2011 06:59
Last Modified: 25 Apr 2015 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/527

Actions (login required)

View Item View Item