PENERAPAN MEDIA STORY BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA HARAPAN UMMI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG


Vidhea Putri Rahmasari, 1601416081 (2021) PENERAPAN MEDIA STORY BOX UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA HARAPAN UMMI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416081 - Vidhea Putri v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan menulis awal anak usia 5-6 tahun melalui metode Story Box di RA Harapan Ummi Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Metode Story Box kinetis 3D merupakan sebuah media yang menampilkan gambar-gambar yang dapat bergerak sesuai alur, gambar tersebut dapat bergerak jika digerakkan sesuai aturan dan cara bermain yang telah dirancang sebelumnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa RA B Usia 5-6 tahun di RA Harapan Ummi berjumlah 15 anak, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu anak usia 5-6 tahun di RA B berjumlah 15 anak. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan skala peningkatan kemampuan menulis permulaan yang telah dilakukan uji coba di RA Harapan Ummi sehingga dapat digunakan dalam penelitian.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan uji hipotesis melalui Uji Paired Sampel t-test. Berdasarkan uji Paired Sample t-test diatas didapatkan hasil yang signifikan karena memiliki skor thitung Kelompok Eksperimen sebesar -4,279 dengan sig. (2 tailed) < 0,05 yaitu 0,001. Berdasarkan data diatas maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. terdapat perbedaan kemampuan menulis awal pada anak usia 5-6 tahun melalui media Story Box di RA Harapan Ummi Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis awal, anak usia 5-6 tahun, story box
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:25
Last Modified: 07 Nov 2022 01:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52697

Actions (login required)

View Item View Item