STRATEGI PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK TUNARUNGU OLEH ORANG TUA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD ANAK HEBAT SEMARANG


Nugraheni Dwi Yuliasari, 1601416060 (2021) STRATEGI PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK TUNARUNGU OLEH ORANG TUA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PAUD ANAK HEBAT SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416060 - Nugraheni Dwi Yuliasari v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan orang tua dalam pendampingan belajar anak tunarungu pada masa Pandemi Covid-19 serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pendampingan belajar anak tunarungu di PAUD Anak Hebat Semarang. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua anak tunarungu berusia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan dalam pendampingan belajar anak tunarungu adalah orang tua menyediakan fasilitas untuk belajar sesuai dengan kebutuhan anak berupa media belajar yang bersifat visual seperti flashcard dan menyediakan ruang belajar yang nyaman, mengawasi kegiatan belajar anak dengan memperhatikan perasaan anak, memperhatikan fokus anak dan memberikan apresiasi, mengawasi penggunaan waktu belajar dengan konsisten dan tidak mematok berapa lama anak harus belajar serta mengajari anak untuk disiplin waktu yaitu mengumpulkan tugas tepat waktu, mengetahui kesulitan belajar anak dengan memperhatikan perkembangan dan mengetahui metode belajar anak tunarungu, menolong kesulitan belajar anak dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, melakukan pengulangan dan memberi contoh belajar. Faktor pendukung pendampingan belajar meliputi penggunaan gadget dan internet, waktu yang fleksibel, komunikasi antara guru dan orang tua terjalin, keaktifan orang tua sedangkan faktor penghambat pendampingan belajar meliputi berkurangnya motivasi anak selama belajar di rumah, fasilitas yang kurang memadai, perkembangan anak menjadi lama, anak merasa bosan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Orang Tua, Strategi Pendampingan Belajar, Pendampingan Anak Tunarungu, Pandemi Covid-19.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:07
Last Modified: 04 Nov 2022 04:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52695

Actions (login required)

View Item View Item