PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA MANGIN, KECAMATAN KARANGRAYUNG, KABUPATEN GROBOGAN


Laila Fauziyah, 1601416058 (2021) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA TERHADAP PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA MANGIN, KECAMATAN KARANGRAYUNG, KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416058 - Laila Fauziyah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Dukungan sosial orang tua sangat dibutuhkan untuk membantu anak-anak mencapai PHBS yang sesuai di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase dukungan sosial orang tua, persentase PHBS anak usia dini, dan pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap PHBS anak usia dini pada masa pandemi COVID-19 di Desa Mangin, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini yaitu anak-anak dengan rentang usia 5-6 tahun yang bersekolah di Taman Kanak-Kanak Desa Mangin yang berjumlah 107 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental dengan sampel penelitian sebanyak 30 anak pada rentang usia 5-6 tahun di Desa Mangin. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana pada program IBM SPSS Statistic 21. Hasil penelitian menunjukkan 80% orang tua di Desa Mangin berada pada kategori tinggi dukungan sosial dengan 24 subjek dan 20% berada pada kategori sedang dengan 6 subjek. Pada persentase PHBS anak usia dini menunjukkan sebanyak 77% anak berada pada kategori tinggi PHBS dengan 23 subjek dan 23% berada pada kategori sedang dengan 7 subjek. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini pada masa pandemi COVID-19. Nilai R Square sebesar 0,787 atau 78,7% menunjukkan bahwa 78,7% PHBS anak usia dini dipengaruhi oleh dukungan sosial orang tua. Sedangkan sisanya 21,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PHBS anak usia dini, dukungan sosial orang tua
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 04:02
Last Modified: 04 Nov 2022 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52694

Actions (login required)

View Item View Item