PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENGATASI SIFAT PEMALU ANAK USIA DINI DI DESA TAJI, KECAMATAN MADURAN, KABUPATEN LAMONGAN


Noviyanti Ningsih, 1601416016 (2021) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENGATASI SIFAT PEMALU ANAK USIA DINI DI DESA TAJI, KECAMATAN MADURAN, KABUPATEN LAMONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601416016 - Noviyanti N v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan sosial merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting bagi anak. Anak dikatakan memiliki keterampilan sosial yang bagus apabila anak tersebut mampu menjalin hubungan dengan orang lain baik itu orang yang sudah ia kenal maupun belum, anak mampu menyesuaikan dirinya dalam situasi yang baru serta anak tersebut dapat membuat orang yang ia ajak bicara merasa nyaman. Kegagalan dalam perkembangan sosial dapat menyebabkan anak menjadi pribadi yang pendiam, kurang percaya diri, mudah cemas, pemalu, dan penakut. Metode tutor sebaya sebagai sarana untuk melatih anak agar anak berani aktif, percaya diri, saling menghargai dan mempererat hubungan dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan dan penurunan sifat pemalu anak usia dini berdasarkan penerapan metode tutor sebaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design yang hanya melibatkan satu kelompok yaitu kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia dini di Desa Taji, Kecamatan Maduran, Kabupaten Lamongan dengan sampel 32 anak usia 4-6 tahun yang mengaji di TPQ Desa Taji. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala sifat pemalu anak usia dini. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample t-test dan teknik persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji beda pretest dan posttest dengan menggunakan uji paired sample t-test diketahui nilai thitung = 19,282 dengan nilai Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,000 dan pada perhitungan persentase sifat pemalu anak usia dini berdasarkan penerapan metode tutor sebaya mengalami penurunan sebesar 51,85% setelah diterapkan metode tutor sebaya. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan dan penurunan yang signifikan pada sifat pemalu anak usia dini berdasarkan penerapan metode tutor sebaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Tutor Sebaya, Sifat Pemalu Anak Usia Dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:55
Last Modified: 22 Mar 2024 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52692

Actions (login required)

View Item View Item