PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP PERLINDUNGAN DIRI DAN PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN SRONDOL KULON


Nur Fitri Latifatuzzahro’, 1601415100 (2021) PENGETAHUAN ORANG TUA TERHADAP PERLINDUNGAN DIRI DAN PEDOMAN GIZI SEIMBANG PADA ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN SRONDOL KULON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601415100 - Nur Fitri Latifatuzzahro' v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pengetahuan dalam perlindungan diri dari virus COVID-19 sangat penting untuk menjaga generasi penerus dari ancaman virus yang menyerang sistem pernapasan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan fakta dan menjelaskan secara rinci bagaimana tingkat pengetahuan orang tua tentang perlindungan diri anak dari virus COVID-19 dan tingkat pengetahuan orang tua tentang pedoman gizi seimbang pada anak usia dini selama pandemi COVID-19 di kelurahan Srondol Kulon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan orang tua yang memiliki anak usia dini di lingkungan RW.07 kelurahan Srondol Kulon di bawah naungan Puskesmas Srondol Kulon. Dari populasi sebanyak 90 orang diambil 47 orang untuk menjadi sampel yang diambil menggunakan teknik random sampling dengan rumus Slovin. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif yang digunakan untuk menggambarkan kondisi yang sebenarnya dari tingkat pengetahuan orang tua tentang perlindungan diri anak dari virus COVID-19 dan tingkat pengetahuan orang tua tentang pedoman gizi seimbang pada anak usia dini selama pandemi COVID-19 di kelurahan Srondol Kulon. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan orang tua di kelurahan Srondol Kulon terhadap perlindungan diri anak dari virus COVID-19 berada pada tingkat yang cukup mencapai 51% dari jumlah sampel. Selanjutnya tingkat pengetahuan orang tua di kelurahan Srondol Kulon terhadap pedoman gizi seimbang pada anak usia dini selama pandemi COVID-19 berada pada tingkat yang cukup mencapai 70% dari jumlah sampel. Dengan tingginya pengetahuan tentang perlindungan diri dan pedoman gizi seimbang pada anak usia dini idealnya keadaan di lapangan menunjukkan bahwa anak dengan disiplin selalu menerapkan protokol kesehatan dengan bimbingan dan pengawasan penuh dari orang tua, namun dengan fakta lapangan yang tidak menunjukkan demikian, perlu adanya kerja sama antar warga lingkungan sekitar untuk saling mengingatkan dan berbesar hari ketika diingatkan agar masyarakat kelurahan Srondol Kulon terhindar dari bahaya virus COVID-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gizi Seimbang, Pengetahuan Orang Tua, Perlindunagn Diri, Srondol Kulon, Virus COVID-19.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:52
Last Modified: 04 Nov 2022 04:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52691

Actions (login required)

View Item View Item