PERMAINAN SHADOW PLAY UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA DINI


Alfiani Silva Rohima, 1601415091 (2021) PERMAINAN SHADOW PLAY UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA DINI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601415091 - alfiani silva v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kecerdasan visual spasial pada anak usia dini di daera Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 6 tahun di Magelang dengan sampel sebanyak 30 anak. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen.Uji hipotesis menggunakan uji t-Test untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan atau treatment menggunakan data hasil pretest dan posttest. Berdasarkan perhitungan uji paired sample t-test diketahui nilai thitung (16.708) > ttabel (2.0452), yang artinya hipotesis diterima, dengan kata lain bahwa ada perbedaan rata-rata hasil pretest dan hasil posttest. Selain itu terdapat peningkatan dalam kecerdasan visual spasial anak melalui permainan Shadow Play. Setelah pemberian perlakuan atau treatment menggunakan permainan Shadow Play, kecerdasan visual spasial anak meningkat sebesar 11,02%. Artinya ada pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran Shadow Puppets terhadap kecerdasan visual spasial anak usia dini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan visual spasial, permainan, Shadow Play.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:49
Last Modified: 04 Nov 2022 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52690

Actions (login required)

View Item View Item