PENERAPAN TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PRIMAGAMA ISLAMI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021


Ivan Diella Dona Amellinda, 1601415090 (2021) PENERAPAN TEKNIK KANCING GEMERINCING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PRIMAGAMA ISLAMI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601415090 - Ivan Diella v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di TK Primagama Islami Kota Tegal, ditemukan beberapa anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara, hal ini dikarenakan penerapan sistem belajar di rumah saat pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun. Kepala TK menegaskan bahwa penerapan sistem belajar di rumah untuk anak usia dini kurang efektif karena membuat anak terbiasa berdiam diri di rumah dan/atau latar belakang orang tua yang sibuk bekerja mengharuskan mereka menitipkan anak-anaknya yang terkadang dianggap lalai karena memberikan gawai sebagai alat untuk menyenangkan hati anak, tanpa disadari hal tersebut membuat anak menjadi pasif untuk besosialisasi atau bahkan sekedar untuk berbicara. Mayoritas anak pada TK tersebut yang mengalami keterlambatan berbicara adalah anak yang berada di rentang usia 4-5 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Primagama Islami Kota Tegal setelah diterapkannya teknik kancing gemerincing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampel jenuh. Hasil penelitian ini yaitu ditemukan peningkatan sebesar 42,3% pada keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun setelah diterapkannya teknik kancing gemerincing. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Primagama Islami Kota Tegal. Saran yang dapat peneliti berikan untuk TK Primagama Islami Kota Tegal yaitu perlu diadakannya suatu teknik pembelajaran yang efektif dan inovatif guna meningkatkan keterampilan berbicara anak, karena pembelajaran dengan teknik yang menyenangkan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar anak dan dalam hal ini adalah keterampilan berbicara mereka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknik kancing gemerincing, keterampilan berbicara.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:46
Last Modified: 04 Nov 2022 04:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52689

Actions (login required)

View Item View Item